7 Penyebab Kucing Mengeong Terus Menerus

Adalah wajar jika kucing mengeong, namun jika dia mengeong terus menerus mengeong tanpa henti, mungkin sedang berusaha untuk mengatakan sesuatu. Dikutip dari situs catster.com, ini 7 alasan yang paling umum penyebab kucing yang tidak mau berhenti mengeong:

1.Sedang dalam masa birahi : Seekor kucing betina berumur lima atau enam bulan apabila tiba tiba mengeong tiada henti kemungkinan sedang dalam masa birahi dan sedang mencari jodohnya. Suara mengeong dari kucing yang sedang birahi memang terdengar memilukan dan terdengar serupa dengan suara kucing yang sedang kesakitan. Kucing seperti ini biasanya bertingkah laku manja dan akan menggoyang goyangkan tubuhnya jikalau dielus pantatnya. Tentu saja hal ini tidak berlaku bagi kucing betina yang sudah di sterilisasi.

2.Hyperthiroidismus:Hyperthyroidsmus adalah gangguan kesehatan pada kelenjar thyroid (terletak pada leher) yang menyebabkan produksi berlebihan dari hormon thyroid. Hormon ini mempunyai fungsi utama membantu metabolisme makanan, sehingga produksi yang berlebihan akan menyebabkan metabolisme yang berlebihan akibatnya kucing akan terus merasa lapar.

Walaupun kucing merasa lapar akan tetapi terjadi penurunan berat badan disertai suara mengeong terus menerus. Apabila menjumpai kucing dengan gejala seperti ini, segera bawa ke dokter hewan terdekat untuk diperiksa lebih lanjut.

3.Kehilangan penglihatan atau pendengaran: Apabila ada kucing tua yang menangis seperti kehilangan anak ketika lampu dimatikan, mungkin memang benar benar merasa kehilangan. Kucing yang buta atau tuli akan merasa kesulitan menemukan jalannya di dalam rumah dan bahkan tidak bisa mendengar suara pemiliknya.

4.Pikun: Seperti juga manusia, kucing juga bisa mengalami kepikunan. Kondisi ini biasa disebuta sebagai Feline Cognitive Dysfunction (Gangguan Kognitif pada Kucing),dimana kucing merasa ketakutan dan kehilangan orientasi. Pada keadaan ini ekspresi kucing adalah meraung dan meratap. Kucing yang mengalami kepikunan biasanya menjadi mudah marah, pola tidurnya berubah dan bahkan berak atau kencing secara tidak sadar.

5.Feline Hyperesthesia Syndrome:Mata kucing yang menderita Feline Hyperesthesia Sydrome atau gejala dimana kucing menjadi sensitif secara berlebihan bisa tiba tiba terlihat liar dan seperti gila seperti sedang mengalami halusinasi. Kucing akan beteriak dan meraung keras keras, perasaan (moodnya) berubah rubah. Kulit menjadi keriput dan gerakan udara pun akan membuatnya merasa sakit. Kucing akan menjilat jilat bulunya secara berlebihan dan terkadang menyebabkan bulunya menjadi rontok.

6.Merasa kesakitan: Kucing seringkali menyembunyikan rasa sakitnya, namun apabila kucing benar benar mengalami sakit yang luar biasa maka dia akan berteriak dan meraung raung.

7.Merasa kesepian atau bosan: Kucing tunggal yang merasa dekat dengan orang yang merawatnya bisa merasa kesepian ketika ditinggal pergi atau bahkan ketika ditinggal tidur. Dia akan mengeong terus sampai diperhatikan atau sampai mengalami kelelahan.


					

273 tanggapan untuk “7 Penyebab Kucing Mengeong Terus Menerus

  1. Saya punya kucing betina. Dia tu berisik banget,kalo mengeong tu kayak kucing birahi. Udah dikasih makan,saat di luar rumah & di dalem rumah jg tetep aja berisik. Malu ke tetangga! 😦

    Suka

  2. Saya punya kucing betina. Dia tu berisik banget,kalo mengeong tu kayak kucing birahi. Udah dikasih makan,saat di luar rumah & di dalem rumah jg tetep berisik. Malu ke tetangga!

    Suka

      1. Dia udah melahirkan anaknya 2 bulan yang lalu. Sekarang dia bandel,kelakuannya seperti kucing liar. Berani naik ke atas meja,selalu lapar meski sudah dikasih makan,pup sembarangan. Padahal dulu ia pintar,pup di kamar mandi. Saya bingung gimana cara mengembalikan dia seperti dulu?

        Suka

  3. Dia udah melahirkan anaknya 2 bulan yang lalu. Sekarang dia bandel,kelakuannya seperti kucing liar. Berani naik ke atas meja,selalu lapar meski sudah dikasih makan,pup sembarangan. Padahal dulu ia pintar,pup di kamar mandi. Saya bingung gimana cara mengembalikan dia seperti dulu?

    Suka

    1. Pada saat menyusui, induk kucing perlu nutrisi lebih-jadi lebih mudah merasa lapar, saran saya tambah porsi makannya. Pemberian obat cacing secara rutin juga sangat bermanfaat karena cacing menghisap nutrisi dan membuat kucing lebih mudah merasa lapar.

      Setelah melahirkan, kucing juga masih mengalami siklus birahi setiap 3 minggu sekali-salah satunya ditandai dengan suara berisik. Saran saya, apabila tidak menginginkan anak lagi-induk sebaiknya di sterilisasi saja sehingga tidak mengalami siklus birahi lagi.

      Suka

    1. Apa bisa digambarkan lebih rinci termasuk umur & jenis kucing? kapan mulai rewel? apakah di sterilisasi atau tidak?

      Suka

    1. Umur berapa kucingnya?, apakah ada induknya atau tidak?, Bagaimana dengan nafsu makan dan minumnya?Ada berapa kucing dirumah?

      Suka

      1. Umurnya sekarang 5 bulan induknya tidak ada waktu saya temukan nafsu makan minumnya baik dia suka main keluar rumah tapi setiap dimasukin rumah di ngeong ngeong terus pengen keluar kalo di luar dia ngeong ngeong juga kaya kesakitan itu kenapa yah????????

        Suka

      2. Apabila kucing tersebut sudah dipelihara beberapa bulan oleh Nichox Wijaya dan hanya baru baru ini saja menjadi “rewel” sedanngkan di rumah tersebut tidak ada kucing atau hewan lain maka patut dipertimbangkan kucing tersebut sedang sakit, untuk lebih jelasnya sebaiknya dibawa saja ke dokter hewan terdekat.

        Suka

    1. Mengeong minta keluar juga tanda birahi, tapi kalau 5 bulan dan disekitar situ tidak ada kucing lain, kemungkinan belum birahi

      Suka

      1. Tergantung jenis kelaminnya dan apakah kucing tersebut disterilisasi atau tidak?. Pada kucing jantan (yang tidak di steril) tidak dikenal adanya siklus birahi sedangkan pada kucing betina (yang tidak di steril) ada siklus birahi. Jadi gejala birahi pada kucing jantan tergantung pada faktor di sekelilingnya, sedangkan pada betina tergantung pada siklus.

        Untuk iklim Indonesia yang mendapat matahari sepanjang tahun, siklus birahi kucing betina bisa terjadi sepanjang tahun setiap 3 – 4 minggu sekali dengan lama setiap siklus 4-7 hari.

        Efek sampingnya –> kucing menjadi “rewel” dan berisik.

        Suka

  4. Pak.. mohon bantuan nya. Saya punya kucing dh 1mnggu kedepan ini sakit. Kaki kirinya pun pincang kesakitan. Nafsu mkn msh ad skdit2. Tp tiap mlm suka mengeong gtu kyk nahan sakit dmulut ato dperut. Tlg sya pak itu gejala apa. Saya gk mw kegilangan kcing saya. Kdng muntah kluarin air kental wrna putih . Trima kasih sebelumnya pak.

    Suka

    1. Afri Nda, bisa dijelaskan : jenis kucingnya,umur,jenis kelamin, makanan yang biasa diberikan, apakah kucing indoor saja atau outdoor juga, punya berapa kucing dirumah? ada berapa yang punya gejala serupa?

      Suka

  5. saya juga punya kucing pak. umur sekitar 1tahun 2bulan. kedua induknya ada. sekarang dia lagi mengeong2 terus. dia sering ngejar induk betinanya. induk betina nya baru sebulan yg lalu habis melahirkan. gimana ya pak? ada solusi?

    Suka

    1. Sepertinya kucing jantan tersebut sedang birahi,di dunia kucing anak dan induk bisa saja terjadi perkawinan. Solusinya, apabila kucing jantan tersebut tidak ditujukan untuk breeding (pembiakan) maka kucing tersebut sebaiknya dikastrasi. Kucing yang dikastrasi menjadi lebih “jinak” dan cenderung lebih “diam”.

      Suka

    1. Kalau kucing dewasa kencing sebagai tanda (marking) saya pernah mengalami, tapi kalau anak kucing (saya tidak tahu umur dan jenis kelamin) “ngompol” saya tidak punya pengalaman, mungkin Nichox Wijaya punya pengalaman yang bisa dibagi disini?

      Suka

  6. Kucing saya sering mengeong sambil menempelkan badannya dan selalu mengikuti saya, padahal sudah saya berisi makan. Apa penyebabnya ya? Mohon pencerahannya.

    Suka

    1. Kucingnya umur berapa?,jantan atau betina?apakah masih mau makan dan minum seperti biasa?

      Kalau kucing mengeong pada manusia artinya dia sedang menginkan sesuatu, misalnya dia ingin dibukakan pintu keluar rumah, sedang merasa sakit dan ingin diperhatikan,dll.

      Suka

  7. Permisi pak mau tanya, kucing saya umur 3 bulan, sudah sebulan ini saya sadar kalau dia selalu menggigit lidah, lidahnya melet terus, bahkan waktu tidur pun lidahnya ada diantara gigi seperti tergigit. Apakah itu normal? Terimakasih banyak, mohon bantuannya

    Suka

    1. Hai Devi, kucing tidur sambil menggigit lidahnya adalah hal yang normal – hal ini menunjukkan dia merasa rileks . Namun kucing yang hidungnya tersumbat (karena pilek misalnya) juga suka tidur sambil menggigit lidah supaya mulutnya terbuka. Selama kucingnya Devi masih mau bermain main dan makan minum seperti biasa, menurut saya tidak perlu dikhawatirkan.

      Suka

  8. Malam,
    Pak,di rumah saya punya sepasang kucing & 2 anaknya (Jantan & betina,@5 bulan). Tp kenapa ya kedua kucing saya itu selalu galak ke kedua anaknya. Setiap didekati anak2nya pasti kucing saya meraung sambil kadang menggigit mereka. Saya kasihan ke anak kucing saya. Mohon solusinya.

    Suka

    1. Masa kritis kucing adalah 8 minggu pertama, selama masa kritis induk kucing akan habis habisan melindungi anaknya. Setelah itu secara perlahan anak kucing mulai disapih (namun masih diawasi induknya), pada usia sekitar 3 bulan induk akan makin menjauh namun sesekali masih mau bermain main nah setelah itu (tergantung temperamen induk) hubungan induk dan anak sudah tidak nampak lagi dan seringkali induk agresif terhadap anaknya.Jadi ini adalah keadaan yang normal sesuai naluri alami kucing dimana induk harus melepas anaknya untuk hidup mandiri.

      Apabila keadan memang membahayakan si anak, maka mereka harus dipisahkan – termasuk tempat pakan dan minumnya dijauhkan. Apabila sudah stabil secara perlahan didekatkan lagi.

      Suka

      1. Untuk makan & minum,induknya masih mau mengalah. Hanya pada saat santai saja si induk ‘galak’. Apa tidak ada kemungkinan hubungan kucing & anak2nya itu terus akur sampai si anak tumbuh dewasa,Pak?

        Suka

      2. Kucing itu binatang yang soliter (penyendiri) jadi “galaknya” sang induk merupakan mekanisme alami untuk melatih sang anak dan tidak perlu dikhawatirkan. Seberapa jauh sifat galak tersebut sangat bervariasi dan berbeda utuk masing masing kucing. Tentu saja bisa akur namun tidak berarti hubungan mereka terus menerus seperti sewaktu anaknya masih kecil, yang penting jangan sampai salah satu terluka atau stress.

        Suka

      3. Maaf Pak,kali ini menyimpang dari masalah sebelumnya. Saya ingin tanya,bagaimana cara/sikap kita jika si kucing rewel,nakal tidak mau nurut sampai puncaknya kita kesal pada si kucing? Kadang saat sudah kesal saya selalu nangis sendiri karena saya baca salah satu artikel Bapak: tidak boleh membentak kucing.

        Suka

      4. Mungkin saya kurang tepat dalam pemilihan kata, yang saya maksud adalah kita seharusnya menghindari terlalu sering bersikap kasar (misalnya memukul) pada kucing karena akan membuat kucing menjaga jarak dengan kita. Apabila dirasa perlu memberi pelajaran karena si kucing berperilaku nakal, tentu saja “membentak” terkadang diperlukan bahkan diharuskan, cara lain untuk menghukum atau menakut nakuti kucing tanpa menyakiti bisa dilakukan misalnya dengan menembak si kucing dengan pistol atau semprotan air.

        Kucing rewel tentu ada sebabnya, jadi berusahalah mengetahui penyebabnya. Setelah dewasa kucing tidak pernah mengeong dengan kucing lain dan hanya mengeong pada manusia sebagai cara berkomunikasi.

        Tidaklah rasional menginginkan kucing untuk melakukan segala hal yang kita inginkan – jadi perlakukanlah kucing sebagai kucing .

        Suka

  9. Maaf sebelumnya,
    saya mau tanya juga mengenai kucing Jantan Saya yg sering meraung dg keras di Sekeliling kompleks kami sudah 3 hari kucing saya begitu, Apa masalahnya kucing seperti itu? sampai sampai kucing saya Sering pulang rumah sangat lama,
    Kalau kita lihat Kucing ini sdh jarang makan makan seperti biasa, biasanya Makannya itu sangat sering, kalau kita panggil baru dia pulang.

    Selain Kucing Jantan Tadi, saya juga punya 2 Kucing Betina. 2 Kucing betina saya umurnya 3 tahun & kucing jantan tadi umurnya kalau tdk salah 2 tahunan

    Suka

    1. @Rani, sepertinya kucing jantannya Rani sedang mendekati kucing betina di sekitar situ yang sedang birahi-suara berisik yang timbul adalah cara mereka berkomunikasi.

      Suka

  10. Trima Kasih Atas Fast Responnya,
    Bolehkah saya bertanya lagi,
    Kucing Betina Saya (Kitty) sedang Menyusui anaknya yng baru berumur 1 bulan, tapi anaknya kelihatan cacat, karena terlihat 2 kaki belakangnya terbuka, tapi yg dpan tdk,
    dibandingkan Dg Kucing Betina Saya (Helly) yg anaknya lebih kecil dari anak kucing yg tadi, tp mereka dpt berjalan dg normal.
    Jadi apakah Masalahnya?
    terima kasih~

    Suka

      1. 2 Kaki bagian belakangnya saja Yg Tdk bisa Menopang saat dia berdiri sedangkan 2 Kaki depannya Terlihat Berdiri Dengan Baik,
        dengan Kata Lain, 2 Kaki depannya Tegap tetapi 2 Kaki Belakangnya Tidak Tegap/Terbuka,

        Suka

      2. Kitty mempunyai berapa anak? dan apakah semuanya menunjukkan gejala yang sama atau hanya satu saja yang tidak normal. Saat ini makanan apa yang diberikan pada anak kucing tersebut (selain susu induknya),

        Suka

  11. Dia hanya punya 1 anak saja,
    tapi anaknya dulu juga ada yg seperti itu,
    kita belum memberinya makanan,
    hanya susu induknya saja, karena anak kucingnya masih berumur 1 bulan, kita rasa masih terlalu awal kalau diberi makan.

    Suka

    1. Hal yang bagus kalau bayi kucing cukup mendapat ASI, biasanya kucing sehat beranak lebih dari satu – apakah pada kelahiran yang terdahulu anaknya juga satu ? apakah induknya (kitty) mendapatkan vaksinasi rutin? anaknya yang duku juga begitu bagaimana setelah dewasa?

      Suka

  12. Ia, Kucing Saya (Kitty) kalau setiap beranak lebih dari 1. anaknya sebenarnya ada 4 tapi sisa 1, karena Anaknya yg lain mati karena di gigit kucing jantan kita,

    kalau anaknya yg dulu seperti itu Mati saat belum dewasa, jdi kita tidak ada gambaran yang jelas mengenai kasus Anak Kucing seperti ini.

    Kalau kucing kita tidak pernah di beri Vaksin, karena di daerah kita juga tidak ada klinik untuk hewan, Jdi kita tidak tau mau di beri vaksin seperti apa. apakah ada obat khusus yg bisa kita berikan sendiri tanpa bantuan dari dokter hewan?

    Suka

    1. Saya tidak bisa memastikan apa yang terjadi pada kucingnya Rani dan ada banyak kemungkinan yang menyebabkan kucing gejala syaraf pada kucing misanya virus FIP ( Feline Infectious Pertonitis). Pada umur 4 minggu,zat kebal yang terkandung dalam air susu induknya mulai menurun sehingga anak kucing rentan terhadap infeksi penyakit. Salah satu resiko “keburukan” memelihara kucing lebih dari satu di rumah memang adalah resiko sakit yang lebih besar. Penyebab pastinya tentu memerlukan pemeriksaan yang lebih teliti.

      Pengobatan pada dasarnya tergantung pada penyebabnya, namun apabila memang itu disebabkan virus – sayang sekali sampai saat ini tidak ada obat untuk virus. Namun tidak berarti ini adalah akhirdari segalanya,Rani tetap bisa merawat kucing tersebut sebaik mungkin – dengan menyediakan makanan yang baik dan cukup serta lingkungan yang bersih.

      Dengan sejarah seperti ini, saya menyarankan Rani untuk melakukan pembatasa jumlah kucing yang dipelihara. Khusus untuk kitty saya sarankan disterilisasisaja sehingga tidak mempunyai anak lagi. Sangat sayang kalau sampai punya anak namun selalu tidak sehat.

      Rani tinggal dikota mana?

      Suka

      1. Jadi seperti apa tindakan sterilisasi itu? apakah, semacam di beri suntikan?, apakah harus mengeluarkan uang yg bnyk?
        Kita tinggal di kota Ambon, memang di kota kita tidak ada klinik khusus hewan yg tdk sebanyak di kota kota besar, Tapi sepertinya memang ada Pusat Kesehatan Hewan (PUSKESWAN) disini

        Suka

      2. Apakah kita juga bisa membeli Obat Cacing khusus kucing yg di jual secara komersial atau harus dengan anjuran dokter hewan? dan
        berapakah rentang waktu yg dibutuhkan untuk diberi Obat Cacing tersebut ?

        Suka

  13. Malam….
    Kucing saya jenis anggora umur 8 bulan betina
    Saya mengadopsi sejak 2 bulan lalu. Awalnya anteng. Dia kucing rumahan, dan didalam kandang. Karena kondisi saya lagi hamil, tdk bisa intens merawatnya. Hanya dirawat suami yg membersihkan kandangnya tiap pagi. Dan diajak ke taman sama anak2. Sebagian besar dia dikandang.
    Belakangan ini siang malam suka mengeong gak karuan. Suaranya keras, sampai kami tdk bisa tidur. Kalau diajak main suka berguling2. Biasanya tdk begitu. Kalau lagi mengeong keras, trus dihampiri, ngeongnya jd lembut. Kira2 itu kenapa ya ? Dan kucingnya belum disteril sih emang…

    Mohon solusinya

    Terima kasih

    Suka

    1. Selamat pagi ibu Susi
      Sepertinya kucing ibu sedang berada pada siklus birahi, kalau siklusnya selesai dia akan tenang lagi. Apabila memang tidak direncanakan untuk punya anak, saran saya disterilkan saja.

      Suka

  14. kucing saya baru melahirkan 4 ekor anak, kenapa ya kadang suka mengeong2 ke saya seperti minta sesuatu? padahal tidak lapar/haus/ingin BAB/mencari anaknya. kalau saya sodorkan tangan langsung dicalar seperti meraih makanan, padahal makanannya sudah ada di piringnya. bisa bantu jawab?

    Suka

    1. Kucing mengeong itu karena ingin mengatakan sesuatu, saya hanya bisa me duga kemungkinannya saja; mungkin dia ingin dielus, ingin keluar rumah, ingin diganti pasir toiletnya, atau mungkin ada merasa sakit. Tidak menutup kemungkinan juga dia sudah masuk siklus birahi lagi. Anaknya sudah umur berapa ?

      Suka

    1. Kucing lima bulan mungkin saja hamil,tidak mudah mengenali ciri ciri kucing yang masih kecil usia kebuntingannya – namun seiring waktu perut akan membesar demikian juga putingnya.

      Saya sangat menghargai sekali jika anda berbagi pengalaman disini,saya yakin anda punya banyak pengalaman dalam hal memelihara kucing.

      Salam

      Suka

  15. Dear dokter,

    Saya merawat 3 ekor anak kucing betina 2 campuran (5 bulan) dan 1 persia medium (6 bulan . Hari ini salah satu kucing campuran yg saya rawat itu meong terus dok dan menggulingkan badan seperti merasa gatal dan selalu mencari jalan keluar ke pintu atau jendela. Di luar rumah terdapat kucing jantan dan betina liar. Info tambahan dok kucing ini saya adopsi pada usia sekitar 3 bulan kucing dan pada saat itu mengalami scabies dok, namun sudah sembuh. Apakah ini tanda bahwa kucing tersebut dalam masa birahi? Atau ada hubungannya dengan scabiesnya? Sebaiknya usia yang tepat untuk mensteril kucing pada saat usia berapa dok? Mohon bantuannya dok. Terima kasih.

    Suka

    1. Hai Ardlini,

      Apabila kucing tersebut menderita scabies lagi maka besar kemungkinan ada lesi lesi pada kulitnya, saya lebih cenderung mengatakan kucing ardlini sedang dalam siklus birahi dan ingin bertemu dengan sanga kucing jantan diluar rumah.

      Apabila memang direncanakan untuk disterilkan sebaiknya dilakukan sebelum birahi (sebelum kucing tersebut sempat kawin dan hamil), apabila kucingnya sehat – usia 5 bulan sudah bisa disterilisasi.

      Semoga bermanfaat

      Suka

      1. Dear dokter,

        Terima kasih dok atas penjelasannya. Apakah masa birahinya akan hilang dok? Karna saya tidak ingin kucing tersebut melahirkan dok, saya takut anak kucingnya nanti akan terlantar. Apakah ada saran dok sebwlum di steril? Mohon bantuannya. Terima kasih

        Suka

      2. Masa birahi pada kucing betina berlangsung selama 4-7 hari dan akan berulang setiap 3-4 minggu sekali (kecuali jika kucing menjadi hamil), artikel mengenai pubertas dan birahi kucing bisa dibaca di sini http://www.kucingfelin.com/2016/03/04/tanda-tanda-kucing-birahi/.

        Saya setuju dengan Ardlini bahwa sebaiknya kita lebih baik memelihara sedikit kucing tapi terawat dari pada banyak tapi tidak terawat.

        Jika tidak ingin kucing hamil sebelum disteril, hindarkan kucing betina teresebut bergaul dengan kucing jantan.

        Suka

  16. Butuh info bgt.

    Saya punya kucing baru melahirkan 3minggu yg lalu.

    Anak kucing saya ada 3ekor. Yg 2ekor agak gemuk, yg 1ekor sedang.

    Awalnya mreka normal, tp tiba-tiba, 3hari yg lalu mereka terlihat limbung saat merangkak. Selalu jatuh ke samping ketika berusaha berdiri.
    Lalu yg 2ekor agak gemuk, tiba-tiba tidak bisa jalan, kedua kaki belakangnya tidak bisa menopang tubuh, cenderung seperti lumpuh.
    Jd mreka hanya bisa guling2, bdn sering menggeliat sampai punggung melengkung ke arah luar, dan menjerit2 keras skali. Terkadang malah sampai melintir badannya.

    Sedangkan yg 1ekor, seperti terkena diare, pup nya cair skali berwarna kuning.
    Dan pagi ini dy pun menjadi sama keadaan nya sperti 2saudaranya.

    Skrg mereka tidak bs berjalan semua.

    Saya tidak tahu karna apa,
    Dan apa yg harus saya lakukan?
    Tiap malam mereka menjerit2 terus.
    Susah tdr, bdn sering melintir2 terus.
    Kasian skali ngeliatnya, usia nya baru 3minggu 😦

    Suka

    1. Hai Novi,

      Apakah induknya masih menyusui..?
      Untuk sementara pisahkan dengan induknya – berikan tempat yang hangat,kalau memungkinkan bawlah ke dokter segera.

      Apabila tidak bisa menemui dokter segera beriminum susu dengan cara menetesken pelan pelan, carilah susu untuk kucing di pet shop terdekat.

      Segala peralatan yang terkena kotoran kucing tersebut supaya dicuci bersih, apabila memungkinkan rendam dengan larutan deterjen atau larutan pemutih (misal bayclin) setidaknya selama 5 menit untuk membunuh kuman (sebagai tindakan berjaga jaga)

      Suka

  17. Selamat sore dok, saya punya anak kucing. Beberapa hari ini bobot badannya merusut dan tidak nafsu makan. Selain itu dia selalu mengeong ketika mendengar suara air mengalir, kira-kira kenapa yah dok?

    Suka

  18. Pagi dok,
    dok,kucing saya ada yg selalu keluar rumah malam hari. Semalam pun dia keluar rumah,tp td pagi dia pulang dalam keadaan murung,kurang mau makan,saat saya gendong pun seperti agak takut pada saya. Kira2 dia kenapa ya,dok? Bagaimana cara membuat dia “ceria” kembali?

    Suka

    1. Selamat pagi Devy,

      Kemungkinan dia stress karena bertemu dengan kucing lain yang lebih dominan, hal ini biasa terjadi dalam pergaulan kucing. Biarkan dia tinggal dirumah selama beberapa waktu – ketika stressnya reda dia akan kembali ceria.

      Suka

  19. Terima kasih,dok.
    dok,Kucing saya sepertinya susah BAB. Dari td dia bolak – balik ke 3 tempat utk mencoba buang air tp selalu tidak berhasil. Saya kasihan melihatnya. Nafsu makannya hilang & saat saya usap pun dia selalu mengerang. Bagaimana cara mengobatinya ya,dok? Mohon bantuannya.

    Suka

      1. Umur berapa?apakah dia berambut panjang atau pendek? Biasanya diberi pakan apa?

        Coba perhatikan lagi, mungkin bukan kesulitan BAB tapi kesulitan BAK,g gejalanya mirip.

        Sebagian kucing jantan lebih rentan terhadap infeksi saluran kencing yang salah satu gejalanya kesulitan kencing (sering nampak mengejan), kalau ini yang terjadi segera bawa ke dokter hewan

        Suka

  20. Umurnya 2 tahun. Dia kucing berambut pendek. Pakannya makanan kering & ikan pindang,dok.
    Melihat posisi duduknya saat mencoba buang air memang kelihatannya ia seperti ingin buang air kecil,dok. Utk penangan dini di rumah sebelum dibawa ke dokter bagaimana baiknya ya,dok? Terima kasih sebelumnya.

    Suka

  21. Halo dok,
    Kucing saya persia long hair umur 9 bulanan, betina. Belakangan dia sering minum dan belakangan ga nafsu makan.
    Belakangan dia sering mengaruk telinganya, manja, dan meraung-raung. Seperti mencari sesuatu. Kucing saya satu” nya dirumah cuma dia. Dan dia cuma ga teriak kalau sedang tidur.

    Keriak nya kaya manggil mama atau papa. Kalau kedua orang tua saya muncul. Dia akan diam sejenak, lalu akan minta dielus” oleh orang tua saya, dan setelah puas, dia akan pergi mencari sesuatu.

    Kucing saya ga prnah keluar rumah kecuali ke petshop untuk mandi. Kalau pintu keluar dibuka, dia ga pernah mau keluar. Tpi suka berada di dekat jendela untuk mencari kodok dan cicak.

    Dia juga belakangan suka mengelus dirinya sendiri menggunakan sepatu yang ada di dekatnya.

    Terus, pas kemarin ke pet shop. Penjaga menemukan beberapa luka di telinga nya. Sekeluarga saya khawatir dok.

    Apabila dipanggil, dia masih menyahut. Kira” sakit apa ya dok?

    Terima kasih

    Suka

    1. Halo Silvia,

      Dari apa yang disampaikan, saya menagkap dua hal: (1) kucing nampak gelisah dan menjadi manja (2) kucing menggaruk garuk dan ada luka di telinga

      (1) Nampak gelisah, manja dan lebih sering mengeong merupakan salah satu tanda tanda kucing mulai birahi.
      (2) Nampak gelisah , menggaruk garuk dan ada luka ditelinga menunjukkan dia merasa gatal dan tidak nyaman. Bisa jadi karena ada kutu atau sekedar karena rambutnya kusut.

      Tidak ada yang perlu terlalu dikhawatirkan dengan kucingnya silvia, obati luka pada telinganya, luangkan waktu setiap hari untuk menyisir rambutnya sehingga bersih dari rambut rontok. Apabila ditemukan kutu, segera obati.

      Tulisan lain Sebagai referensi
      Tentang Birahi kucing bisa dibaca disini http://www.kucingfelin.com/2016/03/04/tanda-tanda-kucing-birahi/
      Artikel tentang tungau telinga bisadibaca disini http://www.kucingfelin.com/2016/01/28/tungau-telinga-kucing/

      Suka

  22. Malam dok,
    dok,kucing saya masih sakit (tidak bisa kencing). Dia kelihatan lemah sekali karena sudah 3 hari tidak mau makan & minum. Hari ini pun ia sudah 2x (maaf) muntah air ludahnya. Tadi siang ia seperti berhasil kencing,tp air kencingnya seperti bercampur dengan (maaf) kotorannya. Gimana ya dok cara agar dia mau makan & minum lg? Saya kasihan melihatnya.

    Suka

      1. Pagi dok,
        Utk pergi ke dokter,saya & keluarga pun sangat ingin mengobati kucing saya ke dokter. Tapi di daerah saya hanya ada sedikit dokter hewan & utk menuju kesana pun sulit. Yang ingin saya tanyakan lagi dok,utk obat,apa boleh obat utk manusia ditujukan pada hewan? Kalau boleh berapa perbandingan dosisnya,dok? Terima kasih sebelumnya.

        Suka

      2. Pagi Devy,

        Sebagian besar obat untuk kucing juga menggunakan obat manusia, sayang sekali tidak ada rumus dasar perbandingan dosis manusia dan kucing. Sangat tgt jenis obat dan kondisi pasien.

        Kondisi kucing Devy mungkin memerlukan pemasangan kateter untuk mengeluarkan air kencing yang tertahan.

        Suka

  23. Halo dok, saya punya 2 kucing. Betina dan jantan. Anggap lah betina ini si B dan jantan ini si J. B berumur satu tahun, saya baru mengadopsi B baru sekitar 2minggu ini. Si J berumur 8 bulan, saya baru mengadopsinya beberapa hari yg lalu (hari senin). Jadi ada masalah pada kucing2 ini.

    1. Tentang Si B :
    – ini sifatnya saat pertama kali galak, gamau digendong, dielus menghindar. Tapi mau diajak main dan dikasih makan. Pernah waktu itu saya coba gendong tapi dia gigit atau nyakar. Kenapa ya dok?
    – Bulunya gak rontok dok, tapi dia selalu jilat2 badannya berlebihan sampe gigit2 gitu. Saya fikir ada kutu, tapi saya semprot anti kutu kayak gak ada perubahan. Bagaimana dok?
    – B ini sensitif sama kucing lain dok, seperti menolak untuk berteman. B juga sifatnya gak manja dan cenderung cuek ke manusia/kucing lain. Dia sering mendesis pd kucing saya si J.

    2. Si J
    – Dia ini pertama kali ketemu saya sampai saat ini gak pernah nyakar/gigit saya dok. Sampe rumah itu dia langsung ngumpet dikolong meja. Gak mau makan dan gak mau minum. Tapi menjelang malam dia mulai keluar dari kolong meja terus mulai bisa diajak main. Ternyata dia aktif bgt dong bahkan mungkin bisa dibilang hiperaktif. Kayak ngajak main kitten. Darisitu dia mulai keliatan sifatnya manja. Malem itu juga dia udah akrab sama saya, ngikutin saya, ngelus badannya ke kaki saya, meluk tangan saya sampe digigit2. Akhirnya dia mau makan besoknya dok saat saya beli makanan lain dan susu. Trus kalo malem dia gak bisa diem dok sampe subuh. Keliling2 kamar ngeliat ke langit2 kamar kayak nyari sesuatu. Pernah subuh2 hari rabu dia kabur dok ternyata ke gudang dan saya baru tau malemnya jam 9 (semalem). Saya bercerita panjang begini, apakah ada keganjalan dgn kucing ini dok? Btw dia kucingnya suka kagetan, kalo denger suara orang jalan pakai sendal pasti langsung ngumpet ketakutan. Kalo denger saya mandi buka air keran, dia ngeong2 didepan kamar mandi kyk mau masuk. Knp yaaaa dok? Maaf saya banyak tanya dok. Dari cerita ini apa ada yg aneh dok?

    Suka

    1. Hai farah,

      Selamat untuk dua kucing barunya, pasti sangat menyenangkan punya dua sahabat baru di rumah,boleh tahu – kucing nya jenis apa?

      Sama seperti manusia, setiap individu kucing punya sifat sendiri sendiri,ada yang manja tapi pendiam namun ada juga yang “rewel” dan tidak bisa diam.

      Si B yang nampak “galak” adalah hal yang wajar, mengingat dia masuk ke lingkungan baru yang memerlukan adaptasi. Saya yakin setelah beberapa waktu si B akan mulai terbiasa dengan lingkungan barunya.

      Kucing punya kebiasaan “grooming” atau menjilat jilat bulunya sendiri, hal ini merupakan cara kucing untuk menjaga kebersihannya, menghilangkan rambut rontok dan kusut (secara normal rambut kucing ada yang rontok dan berganti rambut baru). Sangatlah wajar kalau kucing menghabiskan banyak waktu untuk menjilat jilat (grooming), namun perlu mendapat perhatian khusus apabila Farah mengamati ada muncul luka akibat kegiatan menjilat yang berlebihan. Untuk kucing berambut panjang (spt persia) harus juga dibantu grooming oleh manusia (menyisir dan memandikan).

      Si B tidak menganggap si J sebagai satu kelompok sosial sehingga mereka sulit (atau bahkan selamanya) tidak akan bersahabat, walaupun mereka hidup bersama dalam satu rumah namun tidak bisa akrab dan cenderung menjaga jarak.

      Pada dasarnya kucing adalah binatang nokturnal (binatang malam), hal ini bisa dilihat dari mata kucing yang mampu melihat dalam kondisi minim cahaya, secara alami kucing akan aktif “berburu”. Kucing yang tinggal di dalam rumah (spt kucingnya Farah) suka sekali berburu binatang kecil seperti cecak,kecoa,kupu,atau binatang kecil lain yang bergerak. Hal ini yang menyebabkan si J suka melihat lihat atap di malam hari.

      Karena masih baru, maka si J masih asing di rumah Farah – setiap gerakan yang mencurigakan (misal suara sandal) akan dianggap sebagai ancaman yang meyebabkan dia ngumpet untuk berlindung. Sepertinya si J merasa aman dan nyaman kalau ada Farah sehingga dia akan mengikuti dan manja terhadap Farah (termasuk ketika ditinggal mandi).Setelah beberapa waktu dia akan lebih tenang.

      Suka

      1. Oh begitu ya dok, terima kasih banyak ya dok telah menyempatkan utk membalas pertanyaan2 saya dgn lengkap dan jelas. :))

        Suka

      2. Oh begitu ya dok, kucing saya persia dua duanya dok. Terima kasih banyak ya dok telah menyempatkan utk membalas pertanyaan2 saya dgn lengkap dan jelas. :))

        Suka

      3. Oiya dok saya ada koreksi sedikit, kucing saya si B ini pertama kali ketemu kucing saya si J, kelihatannya ramah. Si B ini awalnya mencium bulu2 si J bagian perut punggung buntut dan muka (hampir semua wilayah) tapi tiba2 aja si B ini “menjitak” atau bahkan memukul belakang telinga si J padahal yg datengin duluan si B. Nah kadang kalo si J lagi mondar mandir si B kepo gitu ngikutin kadang nyium2 tp lama2 pasti ngejitak/mukul lagi. Saya kurang tau dia nyakar/nggak. Tapi si J nya langsung menghindar tanpa ngelawan balik. Saya juga bingung sebenernya Si B ini suka/nggak sama si J, soalnya suka iseng tapi galak. Heheheh

        Suka

      4. Tapi kadang juga kalo ketemu si J ini dia mendesis, kayak gak suka kalo si J (gak sengaja) ngedeketin. Pernah juga sih waktu saya lagi main sama si B, si J nya ikut ikutan, si B nya langsun mendesis lg dok haha

        Suka

      5. Artinya si B lebih dominan dari J, barangkali karena B lebih dulu datangnya. Biarkan saja mereka perlahan lahan saling menyesuaikan diri.

        Suka

  24. Dok.. Kucing saya pertama kali melahirkan, tapi setelah melahirkan dia gak mau ngasih susu ke anaknya, dan malah mengeong keras, pas saya deketin dia telentang dan minta di elus dibagian perut. Ada apanyaa dok ?

    Suka

    1. Selamat untuk kelahiran kucingnya Annisa,

      Bisa dilengkapi informasinya dengan jenis kucing dan usia induk serta kapan melahirkan beserta berapa anaknya? Apakah dia menolak menyusui semua anaknya atau hanya anak tertentu saja?

      Secara umum ada beberapa penyebab induk tidak mau menyusui anaknya, misalnya: jumlah anak terlalu banyak untuk induk,anak yang tidak normal, induk lemah, atau juga karena mastitis (radang kelenjar susu)

      Suka

      1. halo dok,sya mau Tnya ni dok kucing sya anggora berbulu lebat umur sedkitar 3 Bln ni dok,pertama kali sya pelihara itu diksih mkn di mkan Trus dok smpek skrng umur 4 Bln ni dok tapi sekarang mknny agak kurang dAn pup nya cair ni dok TP ngk cair amat2 sih dok cuma setiap diksih mkn mkn nya cuma dkit aj dok ngk seperti sya beli Dlu mknnya banyak dok?dan setiap AD org di lewat di meong2 Trus ni dok?
        mohon info ya dok gmna cra nya dok?

        Suka

      2. Halo Fitri,

        Apakah ada perubahan pakan akhir akhir ini?, perubahan pakan bisa menggangu nafsu makan dan juga menyebabkan pupnya jadi lembek.

        Hal lain yang mungkin adalah stress,misalnya ada anggota keluarga baru atau ada kucing baru di rumah atau disekitar rumah yang membuat dia merasa tidak nyaman.

        Jika tidak ada indikasi kedua hal tsb diatas, mungkin ada masalah kesehatan, bawalah ke dokter.

        Suka

  25. Sore dok, saya mau tanya, sudah 2 hari ini kucing saya terlihat lemas, sering tidur, jalan sempoyongan dan kalau lagi grooming badannya tdk seimbang jadi sering jatuh. Tengah malam tadi *maaf* mencret sedikit dan muntah (1x) bentuk&warnanya seperti *maaf* pup kucing biasanya. Lalu seharian ini rutin saya beri air madu campur habbatussauda, nafsu makan biasa, tapi sampai skrg masih lemas dan sempoyongan dok, kadang juga mengeong tapi tdk seperti biasa. Kira kira kucing saya kenapa ya dok ? Makanan/vitamin apa yg harus saya berikan biar dia ga lemas lagi ? Terima kasih dok.

    Suka

    1. Selamat sore Faza,
      Maaf,Bisakah Faza menjelaskan data data sbb: umur kucing, jenis dan jenis kelamin, makanan yang biasa diberikan, ada berapa kucing dirumah, apakah dia tinggal di dalam rumah saja atau juga keluar rumah? Selain madu dan habatussauda apa yang pernah dikonsumsi kucingnya?

      Hal hal tersebut diperlukan untuk memperkirakan penyebab mencretnya.

      Suka

      1. Kucing lokal jantan kurang lebih 9 bln dok. Untuk makanan biasa dikasih nasi campur ikan pindang, tapi hari ini saya kasih dry food yg dilembekkan dan setiap 2 jam saya beri campuran air madu, habbatussauda dan wet food. Kucing di rumah saya total ada 6, semuanya tinggal di rumah tapi suka main di luar juga.
        Sebelumnya kucing saya yg lain (umur 3 bln) jg sempat sakit dok, kurang lebih sama gejalanya jalan sempoyongan, muntah, perutnya jg agak membesar, setelah 2 hari rutin dikasih air madu+habbatussauda skrg sudah sehat seperti biasa. Apa mungkin itu berpengaruh ya dok ? Maaf dok jika saya kebanyakan tanya. Terima kasih dok.

        Suka

      2. @Faza

        Yang paling utama saya sarankan adalah : ketika menghadapi masalah dengan kesehatan kucing maka usahakan dibawa ke dokter hewan karena hanya dengan memeriksa langsung kondisi kucing dokter dapat menentukan tindakan yang tepat. Apabila saya memberi saran dan pendapat disini, janganlah dianggap sebagai ganti kunjungan ke dokter.

        Sepanjang yang saya tangkap, kucingnya Faza belum pernah di vaksinasi sehingga sangat rentan terhadap tertular penyakit dari kucing lain (karena dia juga bermain main diluar dan ada kemungkinan kontak dengan kucing lain).

        Pisahkan kucing yang sakit dari kucing sehat lainnya (agar tidak menular)

        Ketika menghadapi kucing yang mencret, tindakan pertama adalah hentikan pemberian pakan (termasuk pemberian madu dan habatussauda), sebagai gantinya berikan larutan elektrolit (bisa dibeli di apotik) untuk mengganti cairan yang hilang sehingga kucing tidak dehidrasi.

        Setelah kondisi kucing stabil (tidak mencret lagi) bisa diberi makanan lunak, misalnya bubur yang dibuat dari campuran tepung beras yang dicampur daging ayam/tuna yang sudah dilembutkan,jika tidak mau makan bisa disuapi.

        Terdapat beberapa penyakit yang menyebabkan gejala syaraf pada kucing (sempoyongan), usahakan dibawa ke dokter hewan segera.

        Suka

      3. Sama sama

        Saya akan berterima kasih sekali jika Faza nanti mengupdate perkembangannya – barangkali ada pemilik kucing lain yang punya masalah serupa 🙂

        Suka

  26. Haii dok..
    Nama ku Almira, kucingku umur 7 bulan, betina dan berjenis persia long hair.
    Aku mau nanya yang sebenarnya terjadi sama kucingku itu dok …
    Gini ceritanya, berawal dari langkanya makanan dia yang merk selec dok, pegawai petshop bilangnya dari suplyer selec emang udah kosong cukup lama (1 mingguan) dan engga tau adanya lagi kapan …
    Akhirnya aku ganti makanan dia pake minkes sm feilibeth (aku biasa ngasih makanan mix happy cat +selec)
    Aaku kasih minkes+feilibeth+happy cat…
    Aku kan kasih makan yang baru itu pas siang hari nah pas banget waktu malam harinya dia bertingkah laku agak aneh dok …
    Lemas, manja, makan sering tp minum jarang, tidur terus, buang air besar nya sedikit-sedikit dok( seperti manusia kalau lagi nules), meraung-raung sambil berjalan dengan posisi badan agak kebawah seperti mengendap-ngendap, tapi kalau lagi waktunya main dia engga lemas malah aktif seperti biasa ..
    Karena aku panik akhirnya aku balur perutnya sama minyak telon untuk bayi dan setelah 10 menit dia akhirnya berhenti berperilaku aneh tapi pupnya agak mencret dan masih sedikit-sedikit …
    Begitu dok , aku tunggu balasannya ya dok, terima kasih …

    Suka

    1. Hai Almira

      Sebelumnya saya minta maaf karena baru balas komen Almira sekarang, hal ini karena hal yang saya tidak tahu komen Almira masuk folder spam.

      Apa yang terjadi pada kucingnya Almira adalah hal yang wajar ketika terjadi pergantian pakan secara mendadak. Selagi memungkinkan pergantian pakan diusahakan secara tidak mendadak (denga mencampur pakan lama dengan pakan baru secara bertahap).

      Semoga saat ini kucingnya sudah kembali normal lagi.

      Suka

  27. Mau tanya pak,
    Kucing saya kok sering mengeong2 dan menggigit2 saya tanpa jelas, padahal sudah saya kasih makan…
    Pas lagi santai, tiba2 dia mengeong2 sambil nggigit2 tangan ato kaki saya…
    Dirumah saya punya 3 kucing, umurnya masih 4 bulan smw, padahal yg lain biasa2 aja, mereka mengeong hanya ketika merasa lapar, tapi yg satu ini saya tdk tau maksudnya si kucing gmn…?
    Apakah bisa dijelaskan pak, trims.

    Suka

    1. @Salam Lestanto

      Kalau saya tidak salah tangkap, ketiga kucing tersebut merupakan saudara kandung ya?

      Menggigit tangan atau kaki sambil mengeong artinya dia minta perhatian, bisajadi ingin keluar rumah atau ingin diajak bermain main, atau sekedar minta diusap saja, atau bisa juga itu merupakan pelampiasan karena dia sebenarnya marah pada kucing yang lain tetapi merasa inferior.

      Cobalah ajak dia bermain untuk main misalnya dengan memberinya bola ping pong atau benda lain yang bergerak dan bisa dimainkan.

      Suka

  28. Mau tanya dokter.
    Kucing saya sering sekali mengeong”, namun ketika diajak main pun dia terkadang acuh.
    Dan mau tanya juga dok. Kucing betina bisa mandul juga ya dok?, Soalnya belum lama kucing betina saya titipkan ke rmh saudara bermaksud mengawinkan dgn kucing jantan saudara saya. namun tak ingin kawin juga. Sampai” dia menutupi alat kelaminnya dengan bututnya dok. Itu kenapa ya dok?
    Terimakasih sblm nya dok.

    Suka

    1. @Maya
      Pada dasarnya kucing dewasa apabila mengeong pada manusia berarti dia sedang menginginkan sesuatu, perlu pengamatan atas kebiasaan kucing tersebut untuk bisa memahaminya .

      Kucing tentu saja bisa mandul (karena berbagai penyebab), akan tetapi kalau kucingnya Maya tidak mau dikawinkan bukan berarti dia pasti mandul. Hal yang paling penting untuk dipahami adalah bahwa kucing hanya mau kawin ketika sedang berada pada siklus estrus (birahi) di luar masa itu dia tidak akan mau dikawinkan.

      Suka

  29. Maaf dok saya mau tanya, kucing saya baru melahirkan 2minggu yg lalu dan induk tbtb tdk mau makan dan minum dan susunya pun tdk keluar sdh saya bawa ke dokter katanya demam tinggi dan kembung setelah itu dia mau minum tp blm mau makan saya bingung bagaimana dgn nasib anak kucingnya krn selama induknya tdk makan susunya jg tidak kluar

    Suka

    1. @Dian
      Disini ada dua hal yang harus dilakukan : yang pertama merawat induk dan yang kedua menyelamatkan anaknya.

      Dian sudah tepat membawa induk ke dokter, tinggal dijalankan saran dokter yang sudah diberikan. Sebagai referensi tambahan usahakan induk tetap mendapat aspan nutrisi, jika masih belum mau makan sendiri – bisa dibantu dengan “disuapi” sedikit demi sedikit. Bisa membuat makanan sendiri dari tepung beras yang dicampur air dan dipanaskan (seperti membuat bubur sumsum namun) dan dicamput dengan daging ayam atau ikan tuna yang dihaluskan. Untuk memasukkan bisa dengan menggunakan alat suntik plastik yang sudah dilepas jarumnya atau dengan menggunakan pipet.

      Sedangkan untuk anak kucing: pastikan anak kucing selalu hangat dan bersih, usahakan suhu tempat anak kucing tersebut tidak jatuh dibawah 21 derajat. Karena tidak ada susu dari induknya, berikan susu untuk kucing (milk replacer) namun apabila tidak ada, bisa digunakan susu bubuk biasa , teteskan ke mulut kucing beberapa tetes saja namun sering (usahakan setiap dua jam) dan ditambah sesuai umur dan kemampuan bayi kucing tersebut.

      Semoga membantu

      Suka

      1. Si induk sudah mau makan walaupun sedikit dgn wetfood tuna sy suapi dikit demi sedikit dan dia sdh mau minum walaupun hanya beberapa teguk, apa dgn dia mulai mau makan, susu dr si induk juga bisa keluar? Karna jika menggunakan susu kucing dan saya masukan dengan pipet kitten mereka berontak dan agak tersedak

        Suka

      2. Bagus kalau si induk sudah mulai mau makan, tidak bisa dipastikan susunya langsung keluar karena lebih penting sekarang untuk memulihkan kondisi induk dulu – terutama jangan sampai dehidrasi.

        Untuk memberi minum bayi cukup diteteskan saja di mulutnya dan biarkan reflek menjilatnya berfungsi, jadi tidak perlu memasukkan pipet ke dalam mulut.

        Suka

      3. Oh begitu ya dok, saya kewalahan karna anaknya ada 5 saya takut anak2 nya kurang asupan, ibunya terus2an menyusui anaknya namun susunya tdk kluar hanya satu puting yg kluar, jika anaknya saya pindahkan dia mencari sambil mengeong panik, walau tidak selemas kmrn dan untung makananya bisa masuk krn kmrn muntah sangat banyak, dokter menyarankan membeli obat perangsang asi dok tp obat manusia, apa tdk apa2 dok?

        Suka

  30. Dok saya mau tanya

    Saya punya 2 kucing, yg satux usianya sktr 2 thun & yg satux lgi blum smpai 1 thun, kedua kcing sy ini nggk bsa akur dok, tpi kdang jg mreka saling cuek,
    tlong minta solusinya dok gmna spya kucing sy ini bsa akur

    Suka

    1. @Dwi
      Kucing yang tidak tidak tumbuh bersama sejak kecil memang cenderung untuk “tidak akur” , biasanya satu kucing yang lebih senior menjadi lebih dominan dan tidak suka kucing lain berada di “wilayah”nya dan sulit menjadi akur. Untuk meminimalisir berikan mereka masing masing wilayahnya sendiri (makanan,minumam dan toiletnya diletakkan pada ruang yang berbeda).

      Suka

  31. Assalamuallaikm dok saya mau tanya, anak kucing saya baru 3 minggu dok, tapi kalau dia Pup ibu nya nga mau bersiin pup nya dok,
    Itu baru terjadi hari ini dan pup nya encer banget serta bau banget dok.
    Pertanyaanya apakah itu normal atau kena diare dok?
    Ditunggu jawabannya dok tksh

    Suka

    1. Wa’alaikumussalam Wr Wb Nopi

      Kalau ibunya tidak mau membersihkan, bisa dibantu membersihkam dengan menutulkan (menempelkan) kain kasa yang sudah dilembabkan dengan air hangat.

      Bentuk kotoran yang encer memang menunjukkan ada yang tidak normal. Apakah ini terjadi pada satu anak saja atau semua anaknya demikian?

      Suka

  32. Dok saya mau tanya, ini sy punya kitten dia sembelit sdh 2 hari umurnya 6 minggu dan sy bawa ke dokter diberilah lacto b lalu malamnya dia bab tp keras dan mengejan sekali sampai anusnya agak bengkak tp 2 hari kemudian dia tdk bs berak lg apa ini normal dok? Dia makanya wetfood dan masih menyusu pada induknya ,apa tindakan dan obat apa yg bs melunakan fesesnya dok krn saya sedih klo liat dia smpe mengejan tp tdk kluar dan dia suka tdr di litter boxnya dan apa mungkin tertelan pasirnya ya dok mangkanya dia jd sembelit

    Suka

    1. Hai Dian,

      Sudah tepat tindakan Dian membawa kucingnya ke dokter.

      Sangat kecil kemungkinan kucing Dian menelan pasir pada litterbox, yang lebih sering terjadi adalah karena menelan rambutnya pada waktu self grooming (menjilat jilat tubuhnya).

      Obat sembelit yang paling mudah didapat adalah air hangat, tutulkan kain yang sudah dilempabkan dengan air hangat ke anusnya (untuk merangsang reflex), kalau bisa melakukan sendiri masukkan air hangat melalui anus kucing. Selain air hangat minyak kelapa juga bisa dimasukkan ke anus kucing .

      Adapum obat yang bisa melunakkan kotoran misaknya sirup laktulosa, ini juga merupakan obat untuk manusia dan terdapat beberapa merk yang ada dipasaran, misalnya “lactulax” atau “Opilax”,dll, berikan 2 kali sehari @ 0,5 ml

      Saya sarankan juga untuk dibawa kembali ke dokter sehingga dokter tahu perkembangannya.

      Semoga membantu

      Suka

  33. Begitu ya dok, ini selama sembelit kucing saya tetap lincah dan makanya sangat lahap namun sy kurangi agar perutnya tdk membesar dan sy sdh mempraktekan cara memasukan air hangat pada anusnya dan ini blm ada perubahan sy coba tunggu 2 hari lg jika tdk bab jg sy bawa lg kedokter

    Suka

      1. Yang dimaksud Dian dosisnya apa ya?, kalau untuk laktulosa , seperti pada jawaban saya sebelumnya- dosisnya 0,5 ml diberikan 2 kali sehari dan memang ada efek samping mual dan muntah.

        Suka

  34. Halo dok nama saya april. Saya ingin bertanya mengenai kucing yang baru saya dapat. Jenisnya menkun domestik, lakilaki, umurnya sekitar 3 tahun, tinggi dan berat badan saya kurang tahu tapi dia cukup besar.
    Sudah seharian kucing saya tidak pup. Makan tetap lahap seperti biasa, oh iya dok makanan kucing saya campur dengan nasi dia tetap makan dengan lahap apa tdak apa'' ya dok? Nah, masalahnya ini dok dia sudah seharian tidak pup, dan saat pup, fesesnya sangat lembut berwarna cerah dan kecil'' serta sangat bau. Selain itu akhir'' ini dia punya kebiasaan aneh yaitu lebih suka tidur ditempat'' yang dingin seperti dapur atau kamar mandi tepatnya setelah dimandikan di pet shop, saat dibawa pulang dia jadi sering menjilati bagian badan dekat leher dan kaki belakangnya, lalu terus''an menggaruk bagian leher dan telinganya, suka digigit'' juga.
    Mohon jawabannya ya dok. Terimakasih.

    Suka

    1. Halo April, selamat untuk maine coon jantannya yang baru.

      Pada pinsipnya, ketika mendapatkan kucing baru – pastikan dahulu untuk memberi makan sama seperti di tempat asalnya, jika ingin merubah – lakukan secara bertahap.Kucing maine coon yang bertubuh besar tentunya memerlukan nutrisi yang cukup untuk kesehariannya, pastikan dia mendapat makanan dengan kandungan nutrisi yang sesuai dan cukup.

      Normalnya kucing akan pup setiap hari, tapi kalau cuma satu hari tidak pup bukan berarti dia sakit, mungkin dia stress. Jadi tetaplah memberi makan yang sesuai dan amati terus ritual pupnya.

      Setiap kucing mempunyai kelenjar bau di tubuhnya, fungsi bau ini adalah untuk menandai atau “marking”. Dari baunya kucing akan tahu siapa “kawan” dan siapa yang “bukan kawan”. Karena pet shop merupakan tempat yang banyak didatangi berbagai kucing maka baunya akan dideteksi sebagai kucing asing. Hal ini yang membuat dia stress dan menjadi pendiam atau suka menghindar/bersembunyi ketika pulang dari pet shop.

      Adalah normal jika kucing menjilat jilat tubuhnya sendiri (self grooming),artikel tetang perilaku grooming bisa dibaca disini. Akan tetapi jika berlebihan bisa jadi itu indikasi ada yang tidak normal – dan ini biasanya karena ada kutu atau jamur. Cobalah setiap hari menyisir rambutnya dengan sisir kecil dan amati apakah ada binatang kecil atau partikel kecil pada rambutnya – karena bisa jadi itu kutu atau telur kutu yang membuatnya merasa gatal.Artikl tentang kutu bisa dibaca disini

      Semoga bermanfaat

      Suka

  35. Halo dok saya ingin bertanya.

    Jadi saya baru pertama kali punya kitten dan saya mengadopsinya karena ditinggal di kampus saya sama ibunya berhari hari. Usianya sekitar 2-3 bln tetapi poopnya encer dok apa itu tidak apa apa? Kemudian kitten ini ketika saya pegang kurus sekali saya dapat merasakan tulang tulangnya ketika saya pegang apakah memang kitten mempunyai tubuh seperti itu? Lalu dok dia selalu mengeong dengan kencang apakah ini bisa disebut dengan adaptasi? Dan dia sering kedapatan mencari jalan keluar dari kandangnya karena saya menaruhnya di kandang di malam hari. Mohon untuk penjelasannya dok terima kasih.

    Suka

    1. Halo Tiara,

      Terima kasih sudah menyelamatkan satu ekor kitten, semoga dia bisa menjadi teman yang menyenangkan nantinya.

      Pup normal berbentuk padat , dalam hal kittennya Tiara bisa jadi encernya karena perubahan pakan dan stress karena perubahan lingkungan yang baru, selama di tempat Tiara makanan apa yang biasa diberikan?

      Menurut saya kucing yang kurus itu kalau dilihat (tanpa diraba) kelihatan jelas tonjolan tulangnya. Jika dirumah ada timbangan, akan sangat bagus jika ditimbang setiap minggu untuk melihat pertambahan berat badannya.

      Kucing yang mengeong menandakan bahwa dia ingin mengatakan sesuatu, misalnya: minta makan, minta keluar rumah, atau sekedar minta dimanja. Jika rumah Tiara tidak mempunyai lobang yang bisa disusupi kucing, saya sarankan untuk dilepas saja (tidak dikandangkan), jangan lupa sediakan litter box yang bersih.

      Semoga membantu

      Suka

      1. Saya kasih makanan sperti kornet kitten dan kadang kalau gak mau dimakan saya kasih daging ayam yang dihaluskan. Trus juga dikasih susu D*nc*w. Apa tidak apa apa saya memberikan susu jenis itu?

        Suka

      2. Kornet kitten ( mungkin yang dimaksud Tiara kitten wet food ya?) dan daging ayam cacah baik untuk kucing, namun susu sapi – walaupun disukai sebenarnya tidak bagus untuk kucing karena kandungan laktosa dalam susu sapi sulit dicerna oleh kucing dan bisa berakibat diare (pup nya encer). Saya sarankan tidak usah diberi susu saja.

        Suka

  36. Dok kitten saya jamuran disekitar telinga dan jd botak sy suda kasih ketakonazole dr respep dokter dan slama 4 hari sy kasih salep, jamurnya rontok dan kering dan dia agak berkurang garuk2nya tp saya ingin memandikanya agar bersih apa bole sy mandikan kitten saya berumur 7 minggu dok? Dan apa rambutnya yg rontok dpt tumbuh lg?

    Suka

    1. Hai Dian,

      Boleh dimandikan , kalau ada gunakan shampo obat.
      Gunakan air hangat hangat kuku, hindarkan menyiram bagian muka (cukup diusap dengan handuk yang dibasahi), sedangkan bagian lain bisa disiram.

      Rambut rontok bisa tumbuh lagi kalau jamurnya sudah hilang.

      Suka

      1. Tergantung waktu yang tersedia buat Dian, Pagi atau siang tidak masalah.Gunakan air hangat agar tidak kedinginan. 🙂

        Suka

  37. permisi dok saya mau tanya kucing saya hamil skrg udah masuk 64 hari dia sering bernafas dengan menjulurkan lidahny itu apa ciri2 dia mau lahiran ya dok? trs kucing saya blm ada tanda2 mengeluarkan air susu?

    Suka

    1. Hai Ajeng,

      Dilihat dari jumlah harinya, kucingnya Ajeng sudah waktunya melahirkan. Adapun air susunya belum nampak keluar – mungkin saja itu karena tidak teramati.Kalau mau mencobanya-bisa dengan mencoba memencet puting susunya, biasanya keluar susu walaupun sedikit.

      Suka

      1. Nama saya Anglingsasi, saya memiliki kucing jantan berumur 8 thn. Akhir2 ini kucing saya suka sekali mengeong, tp ketika dikasih makan dan minum dia tidak mau, dikeluarkan dari kandang jg tetap saja mengeong trs selain itu fesesnya juga cair dok. Apakah hal tersebut karena saya berikan susu khusus untuk kucing? Terima kasih

        Suka

      2. Hai Anglingsasi

        Jika kucingnya Anglingsasi mengeong, itu artinya dia ingin mengatakan sesuatu, misalnya: ingin keluar rumah (karena di luar ada kucing betina),merasa lapar, merasa sakit, ingin diperhatikan, dll.

        Feses yang encer menunjukkan ada yang tidak beres dengan perutnya. Jika sebelumnya tidak biasa diberikan, pemberian susu bisa menyebabkan diare. Sebetulnya untuk kucing dewasa,jika sudah mendapat pakan yang cukup dan berimbang, pemberian susu tidak perlu dilakukan, cukup pakan yang baik saja.

        Saran saya, susu tidak perlu diberikan. tidak perlu diberi makan selama 12 jam (tapi tetap diberi minum), setelah itu secara bertahap berikan makanan yang netral seperti daging ayam yang direbus. Jika mulai makan banyak, secara bertahan berikan pakan yang dulu biasa diberikan.

        Jika dalam waktu 48 jam masih terus encer fesesnya, bawalah ke dokter hewan terdekat.

        Semoga membantu.

        Suka

      3. Maaf dok, kucing sudah 3 hari fesesnya cair. Hari ini saja sudah 2 kali dia buang fesesnya dan yg kedua kalinya fesesnya berwarna cokelat terang cair sekali. Kira2 apa ya dok obatnya? Saya sudah menghentikan memberikan susu, makanan yg saya kasih skrng makanan kucing kesing di campur sama yang basah, apakah itu penyebabnya dok?

        Suka

      4. Saran saya:
        1. untuk sementara hentikan pemberian pakan selama 12 jam.
        2. Berikan obat diare yang aman misalnya Norit (cukup 1/4 tablet).
        3. Jika diare bwrhenti, mulai beri pakan sedikit-berikan daging ayam yang direbus.
        4.Jika setelah 24 jam masih diare, sebaiknya bawa ke dokter.

        Semiga membantu

        Suka

  38. Halo dok, saya punya kucing jantan usianya 1+ ,kenapa ya dok kucing saya suka mengeong2 terus, dulu dia tidak mengeong2 terus
    Tapi semenjak saya kawinkan dia nya berubah , jadi lebih berisik dan ingin keluar terus nemuin betina nya
    Apakah dia mau kawin lagi dok?

    Suka

    1. Halo Nindy,

      Apa yang terjadi dengan kucing jantan nya Nindy adalah hal yang normal. Pada saat kucing mulai beranjak dewasa, dia akan berkeinginan untuk terus mencari pasangan,secara naluriah dia akan terus roaming(keluyuran) untuk mencari kucing betina. Jadi kalau dia mengeong terus ,dia sedang berusaha minta diijinkan keluar untuk mencari betina.

      Suka

    1. Halo Devy,

      Apakah yang dimaksud Devy ini adalah kucing jantan umur 2 tahun yang pernah susagh BAB..?

      Secara umum, pantat basah dengan pup abu itu artinya kucingnya diare.

      Sejak kapan ini terjadi, apa makanan yang biasa diberikan,apakah saat ini kucingnya masih mau makan dan minum?

      Suka

      1. Bukan,dok.
        Kucing saya yg ini baru berumur 3 bulan.
        Sakitnya sih baru tadi pagi,dok. Untungnya dia masih mau makan & minum,hanya terlihat sedikit lesu. Makanan yg biasa diberikan ikan pindang rutin 2x sehari,sesekali dikasih snack kering.

        Suka

      2. Oh, masih kecil ya…

        Untuk sementara jangan diberi makan dulu selama 12 jam tapi tetap diberi minum sampai berhenti diarenya. Untuk minum bisa diberi oralit (bisa buat sendiri dari air hangat ditambah sedikit gula dan garam).

        Kalau sudah stabil (tidak diare) beri makanan lunak dan netral misalnya daging ayam yang direbus, berikan sedkit demi sedikit. Jika sudah normal, secara bertahap kembalikan ke pakan yangbiasa diberikan.

        Suka

  39. Bukan,dok.
    Kucing saya yg ini baru berumur 3 bulan.
    Sakitnya sih baru tadi pagi,dok. Untungnya dia masih mau makan & minum,hanya terlihat sedikit lesu. Makanan yg biasa diberikan ikan pindang rutin 2x sehari,sesekali dikasih snack kering.

    Suka

    1. Tentu saja saya tidak bisa menjawab tanpa melihat langsung, apa yang saya sampaikan terdahulu merupakan tindakan standart untuk penanganan pertama.

      Saya selalu sarankan konsultasi ke dokter hewan secara langsung, dan apabila khawatir menular – maka pisahkan kucing itu dari yang lain.

      Ada banyak penyebab diare, baik yang menular maupun tidak – semoga yang ini tidak menular.

      Suka

  40. Maaf dok saya ingin bertanya, kucing betina saya baru saja melahirkan 3 bulan yang lalu, dan akhir” ini sering mengeong ingin keluar rumah. Kebetulan pasangan jantannya hilang dan sampai sekarang belum ketemu. Apakah tindakan mengeong ini bahwa kucing betina saya sedang mencari pasangan baru dok? Terima kasih.

    Suka

    1. Hai Gozi,

      Nampaknya kucing betinanya sedang dalam masa siklus birahi, salah satu tandanya dia gelisah dan mengeong mencari pasangannya.

      Suka

  41. Maaf dokter saya mau bertanya kalau kucing sudah disuntik KB tetapi sering mengeong seperti mencari pasangan langkah apa yang harus dilakukan? Terima kasih…

    Suka

    1. Hai Hannie,

      Pertama harus dipahami bahwa birahi bukan satu satunya penyebab kucing mengeong, jadi amati kemungkinan selain birahi.

      Preparat KB suntik pada dasarnya adalah hormon sintetis yang kadarnya di dalam darah akan menurun secara perlahan. Jadi waktu penyuntikan juga berpengaruh,artinya jika kadar dalam darah sudah menurun, maka kucing akan kembali normal.

      Demikian juga apabila ketika kucing disuntik sedang dalam siklus birai, maka obat tidak serta merta menghilangkannya secara langsung.

      Sebenarnya saat ini penggunaan suntik KB manusia untuk kucing tidak dianjurkan (karena efek sampingnya), saya lebih menyarankan sterilisasi dengan operasi.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.