Mengobati Abses Pada Kucing

Abses adalah benjolan atau pembengkakan dibawah kulit yang menyebabkan rasa sakit. Pada kucing abses ini sering terjadi di sekitar kepala, kaki depan, ekor, atau sekitar pinggang.Luka tusuk karena gigitan kucing lain ketika berkelahi, tertusuk benda tajam seperti kawat dan sebagainya merupakan penyebab umum terjadinya abses pada kucing. Kucing jantan yang tidak dikebiri lebih sering terkena abses karena berkelahi dengan jantan lainnya.

Perkelahian antar kucing sering menjadi penyebab munculnya abses

Penyebab lain dari abses yang persisten (bertahan lama) adalah adanya benda asing di bawah kulit misalnya, adanya peluru senapan angin,patahan gigi kucing lain yang menggigit, serpihan kaca atau kawat yang tertinggal dibawah kulit. Benda benda ini merupakan sumber iritasi yang permanen dan menyebabkan infeksi dan akhirnya muncul nanah.

Setelah terjadi gigitan atau tusukan, abses memerlukan waktu beberapa hari untuk muncul, sebelum nampak adanya benjolan kucing akan nampak lesu, tidak nafsu makan, dan terkadang suhu badannya meninggi. Perlahan lahan daerah kulit yang terkena akan menjadi lunak, kulit menipis dan mulai muncul benjolan dengan warna yang berbeda dengan warna kulit disekitarnya. Pada area yang terkena terkadang rambut tampak menipis, namun yang paling sering adalah kulit menjadi lebih sensitif (apabila disentuh kucing akan bereaksi menolak).

Benjolan abses ini akan membesar dan ketika puncaknya tercapai, akan pecah serta mengeluarkan cairan nanah yang berwarna kekuningan dan berbau busuk. Pecahnya abses akan meredakan gejala namun kucing menjadi tampak kotor dan menjadi tidak nyaman.

Abses tidaklah berbahaya dalam pengertian tidak akan mengancam jiwa kucing penderita secara langsung, akan tetapi adanya abses perlu untuk diobati dengan benar akan kucing tidak merasa menderita dan tidak menyebabkan problem yang lebih besar (infeksi sekunder).

Tentu saja tindakan yang paling aman adalah membawa ke dokter hewan, akan tetapi apabila karena satu dan lain hal tidak memungkinkan dibawa ke dokter hewan maka beberapa tindakan berikut bisa dipakai sebagai acuan untuk melakukan pengobatan sendiri di rumah.

Pada prinsipnya abses perlu dirangsang untuk segera matang dan pecah, dan setelah abses pecah – kulit dihindarkan menutup sebelum infeksi yang ada di bawahnya diobati terlebih dahulu. Apabila menutup sebelum infeksi terobati, maka proses pengobatan harus diulang kembali.

Untuk mempercepat proses pematangan dan pecahnya abses bisa dilakukan dengan kompress areal yang membengkak dengan air hangat. Rendahlam kapas,kain kasa atau kain bersih ke dalam air hangat dan tempelkan ke daerah yang membengkak selama 5 – 10 menit sebanyak 3 sampai 4 kali sehari.

Setelah pecah dan nanah keluar maka luka perlu dibersihkan secara rutin 3 sampai 4 kali sehari dengan menggunakan larutan antiseptik, misalnya rivanol, larutan betadine atau bisa juga membuat sendiri larutan antiseptik dari daun sirih yang direndam air hangat, alternatif lainnya dengan membuat larutan garam dengan mencampur setengah sendok teh garam tanpa yodium dengan 500 ml air hangat.

Pemberian larutan antiseptik bisa dilakukan dengan menempelkan kain kasa yang sudah dibasahi larutan antiseptik atau dengan menyemprot menggunakan semprotan kebun. Tindakan ini biasanya dilakukan selama beberapa hari. Apabila kucing melawan ketika diobati maka hentikan terlebih dahulu tindakan ini (jangan dipaksa supaya kucing tidak stress), apabila kucing sudah lebih tenang ulangi lagi dengan lebih lembut sampai kucing menjadi terbiasa dan tidak melawan.

Apabila kucing terus melawan, biasanya bantuan satu orang lagi untuk memegang dan menenangkan kucing akan sangat berarti. Akan tetapi apabila terus menerus melawan dan tidak mungkin melakukan pengobatan sendiri atau pada keadaan dimana lukanya tidak kunjung sembuh maka jangan ragu untuk Β minta bantuan dokter hewan.

Pada keadaan abses besar dan tidak kunjung pecah, dokter hewan mungkin akan melakukan operasi kecil untuk mengeluarkan cairan nanah didalamnya dan juga memberikan pengobatan Β antibiotik untuk mengobati infeksi. Pada keadaan kucing yang tidak bisa tenang atau terdapat benda asing didalam kulit kucing yang harus dikeluarkan, mungkin diperlukan pembiusan total dan kucing mungkin harus menginap di klinik selama beberapa hari.

catatan: 
foto milik Nathan Vaught dari flikcr.com/ CC BY ND 2

229 tanggapan untuk “Mengobati Abses Pada Kucing

    1. Pada abses yang tidak parah, dokter hewan mungkin hanya perlu memberi antibiotika saja, namun untuk abses yang lebih parah mungkin diperlukan untuk mengeluarkan nanahnya atau bahkan mencabut giginya dan ini memerlukan tindakan anstesi (pembiusan)

      Suka

  1. Dok, kucing saya baru berusia 1 bulan, beberapa hari sebelumnya tidak mau makan makanan lain selain asi, sementara saudaranya sudah mulai belajar makan, sehingga badannya sangat kurus sekali. Minggu lalu di bagian ketiak kiri warna kulit dari putih berubah jadi pink lalu membesar seperti berisi cairan. Senin kemarin muncul lagi diketiak sebelah kanan dengan gejala serupa. Hari ini benjolan di ketiak kiri pecah dan mengeluarkan nanah kuning tapi baru keluar sebagian. Yang ingin saya tanyakan apa yang harus saya lakukan pada bagian gelembung yang sudah mengeluarkan nanah sebagian?? Untuk bagian yang belum pecah apakah bisa saya pecahkan sendiri atau tidak perlu?? Terima kasih dok

    Suka

    1. @Lim

      Untuk yang sudah pecah, bisa dikompress dengan antiseptik misanya Rivanol, tempelkan kain kasa yang sudah dibasahi larutan antiseptik selama 5 menit – dua kali sehari.

      Sedangkan yang belum pecah, bisa dibantu mempercepat proses pematangannya dengan mengkompres kain kasa yang dilembapkan dengan air hangat.

      Apabila sudah nampak matang dan abses tidak terlalu besar ,bisa dipecah dengan menusukkan jarum bersih dan steril.

      Suka

  2. Dok, kalo misalnya bolongan sudah rada membesar dan dalam apa musti lakukan tindakan operasi dan di jahit? Untuk biaya perkiraan sekitar berapa?

    Suka

    1. @Rachmawati

      Jarang sekali luka karena abses harus dijahit,

      Mengenai biaya,silahkan dikonsultasikan dengan dokter hewan yang menangani

      Suka

  3. Yth.
    Dokter, kucing saya sakit di dahinya seperti ada cairan (mungkin nanah, tapi dahinya belum terlihat bengkak justru dahinya jadi terlihat cekung) dan hidungnya terlihat bengkak.

    Sebelumnya saya menemukan kucing saya dalam keadaan tidak berdaya, mulut dan hidungnya mengeluarkan banyak darah dan didaerah kepala sebagian bulunya tidak ada (botak licin, hingga kulitnya terlihat).

    Yang ingin saya tanyakan apa yang harus saya lakukan agar kucing saya bisa lekas sembuh? Saat ini saya hanya bisa mengkompress dengan air hangat saja, jika dibawa ke klinik tindakan apa yg akan dilakukan? Apakah sampai dengan operasi?

    Terima kasih

    Suka

    1. @Retya

      Sebelumnya saya ikut prihatin dengan kondisi yang menimpa kucingnya Retya. Sepertinya kucing tersebut baru saja mengalami “kecelakaan”, .sudah berapa lama kucing tersebut ditemukan dalam keadaan berdarah ? dan sekarang bagaimana dengan makan dan minumnya?

      Apabila dibawa ke klinik, belum tentu dioperasi, kalau kondisinya lemah dan tidak mau makan maka di klinik pertama kali kucing tersebut akan diberi terapi infus – tindakan setelahnya tergantung dari kondisi kucing dan hasil pemeriksaan dokter.

      Kalaupun masih mau makan dan minum, saya tetap sarankan dibawa ke klinik dimana dokter akan memberikan beberapa obat termasuk antibiotika untuk mencegah infeksi ikutan .

      Apabila belum memungkinkan dibawa ke klinik, usahakan kucing tetap mendapat asupan nutrisi yang cukup ketika nanti absesnya pecah, diberikan larutan antiseptik,

      Suka

      1. Saya menemukan kucing saya diteras rumah tadi malam, penuh dengan darah yang keluar dari mulut dan hidungnya, sedangkan badannya tidak ada luka sama sekali dan lagi kucing saya tidak main jauh-jauh dari rumah karena dia buta sejak lahir jadi mungkin bukan kecelakaan, dokter.

        Sejak saya temukan dia terluka, sampai saat ini dia belum mau makan ataupun minum. Dan dari hidungnya terkadang masih ada darah yg menetes.

        Dan apabilan nanti absesnya pecah, apakah nanahnya akan keluar melalui hidungnya? Jika iya, lalu bagaimana saya memberikan anti septiknya?

        Terima kasih

        Suka

      2. Kalau sebelumnya kucingnya baik baik saja lalu kemudian terjadi perdarahan pada hidung ada beberapa kemungkinan misalnya: secara tidak sengaja memakan racun tikus, tertusuk benda asing, luka pada gigi/gusi, dll.

        Untuk sementara lupakan absesnya, bawa segera ke klinik supaya mendapatkan pertolongan awal sehingga tidak sampai kekurangan cairan ,nanti dokter akan menentukan tindakan selanjutnya.

        Suka

      3. Sedang saya usahakan.
        Terima kasih banyak atas kesediaan waktu dokter untuk menjawab pertanyaan saya, sungguh sangat membantu.

        Suka

  4. Dok kucing saya sktar 1 bulan yg lalu berkelahi,luka cakar di kepala nya,sktr 3 hari luka nya kering dan tertutup lagi sama bulu nya. Nah sekarang baru 2 hari bekas luka tsb membesar dan kulit nya kemerahan serta ada seperti kerak disekitar kulit yg merah itu. Tiap pagi saya bersihkan pakai air hangat dan kasa steril. Apakah ini termasuk jamur atau infeksi ?? Mohon solusi nya dok.
    Terimakasih banyak sebelum nya πŸ™‚

    Suka

    1. @Yaya
      Kemungkinan itu jamur atau kutu, agak sulit untuk membedakan. Bisa diolesi salep “miconazole” yang dijual bebas di apotik – bisa juga pakai salep yang mengandung sulfur (merek bermacam macam & bisa ditanyakan ke apotik). Olesi dua kali sehari & harus telaten karena agak lama pulihnya.

      Suka

      1. Terimakasih atas waktu nya untuk menjawab dok πŸ™‚
        Kmren sore saya udh kasih salep miconazole yg dokter anjur kan. pagi ini pas saya oles lagi,ada sedikit darah dibbrapa bagian yg berjamur dok,kurang lebih kayak kurap bgtu. Klo saya bersihkan pake antiseptik sblum salep nya di oles boleh gak dok ?? Trus boleh gak saya mandikan dgn sabun antiseptik ??
        Terimakasih sebelum nya dokter πŸ™‚

        Suka

      2. Boleh dan memang kalau ada luka sebaiknya diberi antiseptik dahulu, sedangkan memandikan pakai sabun antiseptik boleh boleh saja namun menurut saya tidak harus dan untuk jamur & kutu lebih bermanfaat sabun sulfur

        Suka

      3. Hello dokter.. πŸ˜€ aku mau tanya lagi hehe
        Gini dok,dibagian yg berjamur kok basah terus ya dok ? Trus kerak dipinggir2 nya pas aku bersihin (diangkat) jadi berdarah gitu dok, aku takut nya nanti daerah yg terkena jamur makin meluas.. Solusi nya gmna dok ?? Makasi dokter πŸ™‚

        Suka

      4. Halo Yaya

        Yang dimaksud basah itu apakah luka atau sekedar lembap..?

        Pengobatan jamur memang harus telaten dan butuh waktu yang lama. Apabila kondisinya parah, akan lebih efektif jika dibarengi dengan obat yang diminum (dengan resep dokter) ditambah secara rutin seminggu dua kali dimandikan dengan shampo obat (bisa dibeli bebas di pet shop)

        Walaupun gejalanya mengarah ke jamur, namun tidak berarti ada kemungkinan lain dan karenanya jika memungkinkan sangat saya anjurkan untuk diperiksakan ke dokter hewan.

        Suka

      5. Kebetulan saya baru pindah di daerah kabupaten dok,dsni belum ada pet klinik ato pun dokter hewan.. 😦

        Kmren itu rada lembab dok,karna dia sempat lepas keluar kandang,pulang ny bulu2 di sekitaran daerah brjmur tsb basah karna darah.. Saya bersihkan pke detol anti septik dn kasa bersih.. Alhamdulillah skrg mengering dok,tapi habis dibersihkan kerak nya,sore nya muncul lagi,bgtu juga klo pagi,udah ilang kerak nya sore,pagi besok nya muncul lagi.. Apa memang bgtu dok ?? Ato ini termasuk jamur ringworm ??
        Hehe maaf dok sblum nya,saya banyak nanya,habis nya penasaran.. πŸ˜€
        Makasi banyak dok sebelum nya.. πŸ™‚

        Suka

      6. @Yaya

        Yaya dimana, apa benar di Sengkang Sulawesi Selatan?

        Untuk memastikan jamur atau bukan tentu memerlukan pemeriksaan lab, namun dari gejalanya ada kesamaan dengan gejala ringworm.

        Pengobatan jamur atau kutu memerlukan kesabaran, ketelatenan dan konsistensi karena bisa berminggu minggu (tidak langsng sembuh).

        Jamur tidak bisa dilawan dengan antiseptik, tapi lebih efektif dengan obat obat yang mengandung sulfur, miconazole,ketoconazole, dll.

        Usahakan memandikan semingu dua kali, dalam keadaan terpaksa bisa menggunakan sabun yang mengandung sulfur. Alternatif lain, sekarang bisa dengan mudah belanja online dari kota lain, di search saja penjual shampoo obat yang aman untuk kucing.

        Suka

      7. Iya benar dok,saya di sengkang,sulawesi selatan. Pet klinik ada nya cuma dimakassar dok. 4 jam dari tempat saya 😦
        Alhamdulillah sampai skrg saya masih telaten dan rajin kasi salep dok..
        Hehe emg harus sabar, ngerawat nya. Ini baru pertama kali kucing saya sakit dok,jadi khawatir nya berlebihan.. Hehe
        Makasi banyak atas saran dan penjelasan nya dokter πŸ™‚ sangat membantu sekali..
        Sukses terus dok.. πŸ™‚

        Suka

  5. Dok,kucing saya kena jamur tapi udah parah sampe kaya ada ruam kecoklatan bgitu kayanya si udah abses trz jg ada yg smpe berlubang bgitu. Udah dksih antiseptik tapi kayanya ga ada perubahan.harus diapakan ya dok.

    Suka

    1. @Shalita
      Larutan antiseptik tidak efektif untuk jamur.
      Untuk kondisi yang sudah “parah” pengobatan harus dilakukan melalui dua cara, dari luar dan dari dalam. Pengobatan dari luar dilakukan dengan memandikan kucing menggunakan shampo khusus yang mengandung obat (bisa didapat di pet shop terdekat)-lakukan dua kali seminggu. Perlu dicatat juga ketika memandikan dengan shampo tersebut -biarkan obat kontak dalam waktu yang cukup dengan kucing (lk 10 menit). Selain dengan shampo obat, bisa ditambahkan dengan mengolesi salep anti jamur (misalnya miconazole yang dijual bebas di apotik dengan harga yang cukup murah).

      Adapun pengobatan dari dalam dilakukan dengan memberi tablet antijamur, untuk yang ini saya sarankan berhubungan dengan dokter hewan terdekat.

      Suka

  6. Dok kucing saya umur 3minggu dan kmrn sempat digigit kucing kampung dan dia terluka di bagian belakang telinga, lalu dgn cpt saya bawa ke dokter hewan dan lukanya dibersihkan lalu sesuai anjuran untuk dikasih betadine dan nebacetin powder, setelah 5hari luka mengering tapi ada benjolan dilukanya, kucing saya jalan nya jadi tdk lurus dan kepalanya miring ke kiri terus krn mungkin ada luka tsb, jadi apa yg saya harus lakukan krn dia jg kesusahan untuk makan dan minum susu dan apa bole kucing umur segitu di akupuntur agar dia dpt berjalan normal kembali?

    Suka

    1. @Dian Puspita
      Sudah benar langkah Dian untuk membawa ke dokter segera.
      Sebaiknya kucingnya dibawa ke dokter lagi, mungkin ada hal lain selain luka gigitan tsb yang menyebabkan kucing berjalan miring (misalnya kondisi dalam telinga,dll).

      Mengenai akupuntur, maaf karena saya tidak paham akupuntur jadi saya tidak bisa menjawab.

      Suka

  7. Dokter, saya Ayu. Mau tanya soal kucing saya namanya Louie, jadi hidungnya tiba-tiba bengkak entah dia terkena apa, lalu setelah beberapa hari, bengkaknya pindah ke bagian pipi kanan sampai matanya sipit hampir tidak bisa melek. Lalu, dari dalam hidung keluar cairan cokelat kental serupa darah, sehingga kucing saya sulit bernapas. Apakah hal demikian termasuk abses, dok?
    Saya masih bingung dok, abses yang sudah mau pecah ciri-cirinya seperti apa ya dok? Karena setelah saya kompres air hangat, pipi kucing yang bengkak tadi jadi ada lubang kecil hitam. Apa itu ciri-ciri abses mau pecah?

    Terima kasih dok, mohon penjelasannya. πŸ™‚

    Suka

    1. Hai Ayu

      Dari gejala yang disampaikan Ayu, apa yang dialami Louie bukan abses tapi radang pada hidung (rhinitis/sinusitis) untuk itu dibawa saja ke dokter untuk diperiksa dan diberikan pengobatan yang sesuai.

      Suka

      1. Jadi radang hidung hampir sama seperti abses ya dok gejalanya? Pagi tadi dari kelopak mata bawah sebelah kanan keluar cairan lendir semacam nanah banyak, saya kompres dengan cairan antiseptik dok sekarang lumayan sudah kempes dok. Kalau hidung sudah tidak masalah bagian pernapasannya sudah lancar. Jadi ini bukan abses ya dok? Baik dok akan segera saya bawa ke vet terdekat.

        Terima kasih dok.

        Suka

  8. dok kucing saya namanya nancy abis melahirkam sekitar 2bulan kurang, tiba tiba saja kucing saya ngga mau makan trus perutnya mengurus, kemudian putingnya membengkak dan turun. 2 hari kemudian malam saya lihat dia membengkak di sekitar pipi dan mulut dok. itu kenapa ya dok ? saya harus kasih obat apa ? saya takut kucing saya mati soalnya udah 3 hari gamau makan dok 😦 makasih ya dok tolong saran

    Suka

    1. @anggy

      Pembengkaan pada kelenjar susu bisa disebabkan beberapa hal dan salah satunya adalah radang kelenjar susu (mastitis), kalau ini yang terjadi perlu dibawa ke dokter sehingga bisa diberikan terapi antibiotika. Sembari menunggu waktu ke dokter untuk sementara kelenjar susu yang membengkan bisa dikompres air hangat untuk meredakan sakitnya.

      Adapun pipi dan mulut yang membengkak mungkin disebabkan karena sakit gigi,jerawat,gigitan serangga,dll. Coba bersihkan bagian mulut atau pipi dengan betadin yang sudah diencerkan dan perhatikan jikalau ada tanda2 luka ,dsb.

      Karena kucing tidak mau makan, untuk sementara bisa diberikan makanan dalam bentuk encer dan disuapkan pelan pelan.

      Selnjutnya saya sarankan dibawa ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

      Suka

  9. Selamat malam dok. Maaf mengganggu. Saya ingin bertanya. Kucing domestik saya berumur kurang lbh 2tahun. Dia suka mengalami kejang di area kakiny. Apa lagi pada saat dia menjilati d area kaki dan buntut lgsg mengalami kejang tu. Pada saat kejang dia lgsg menggigiti kakinya skrg kakinya ledeh dan luka saya obtin dg betadine tp ttp aja ga kering krna klo lgi keram dia bgtu bhkan bisa menggigit tangan saya jika saya mencoba memegang skitar badannya.
    Mohon penjelasannya dok tindakan apa yg paling tepat atas kucing saya itu . Terimakasih dok

    Suka

    1. @ulfa

      Sejak kapam ini terjadi?bagaimana dengan nafsu makannya?biasanya diberi makan apa?

      Kejang kejang pada kucing biasanya disebabkan karena epilepsy (ayan), penyebab lainnya adalah efek dari penyakit karenan virus, bisa juga karena kekurangan taurin.

      Tentu saja sebaiknya dibawa ke dokter, namun dokter perlu mendapat informasi tentang hal2 seperti: sejak kapan, berapa sering dan seberapa lama kejang terjadi, makanan dsb.

      Sambil menunggu dibawa ke dokter, Karena ada kemungkinan kekurangan taurin, coba beri makanan yang mengandung banyak taurin seperti jerohan ayam yang direbus.

      Suka

      1. Terimakasih dok sudah membalas pertanyaan saya.
        Sudah kurang lbh 6an lah kucing saya ngalami sperti itu. Untuk makanan dlu saya pernah ngasih ati ampela ayam pakai nasi tp klo pup dia sllu maaf mencret. Tp skrg makanannya principle alhamdulillah baik pupnya.
        Skrg dia lgi bengkak di area pipinya dok . Apa tu termasuk bisul? Tp di awal tdk ad merah” skrg malah ada merah” di area bengkak itu. kucing saya tdd trus kasian liatnya dokk .
        Untuk kejangnya slma dia bengkak ni Alhamdulillah tdk kejang dok.mohon dok kembli penjelasannya..
        Terimkasi bnykk

        Suka

      2. Dok saya mau tanya dong,beberapa minggu yang lalu,sekitar 1 mingguan kucing saya ada bolong gitu dibagian kiri belakang dekat pangkal kakinya,dia jadi kurus gitu,tapi masih mau makan walaupun gaterlalu banyak dari biasanya.nah baru tadi ini kucing saya ada benjolan dilawan luka itu,dibagian kanannya. Udh 2 hari ini dia ga nafsu makan,badannya juga jadi lesu,lemes. Saya sudah kasih air kelapa muda katanya bisa tambah nafsu makan kucing. Itu benjolan apa ya dok?dan cara mengobati bolong dibagian perut sama benjolannya?

        Suka

      3. @salsabila

        Berdasar apa yang disampaikan Salsabila, sepertinya kucing itu mempunyai luka dekat pangkal kakinya. Luka ini menimbulkan reaksi peradangan sehingga badannya merasa tidak nyaman dan tidak nafsu makan. Adapun benjolan di kakinya (moga2 saya tidak salah tangkap maksudnya Salsabila) adalah pembesaran kelenjar limfa yang terjadi sebagai reaksi adanya infeksi pada lukanya.

        Selalu saya sarankan, bawalah ke dokter supaya mendapat pengobatan atas infeksi tetsebut. Benjolan akan hilang jika infeksinya disembuhkan.

        Namum apabila satu dan lain hal belum bisa membawa ke dokter, cobalah lukanya dibersihkan dengan dan dikompres dengan larutan antiseptik paling tidak dua kali sehari. Bisa digunakan Rivanol atau betadine atau sejenisnya yang bisa dibeli bebas di apotik.

        Usahakan kucing tetap mau makan , jika perlu dibuatkan bubur lunak deri beras yang dicampur ikan tuna yang sudah dilembutkan. Dimasukkam dengan pipet atau suntikan yang sudah dilepas jarumnya.

        Saran saya ini jangan dianggap sebagai pengganti kunjungan ke dokter hewan namun anggaplah sebagai pelengkap.

        Semoga membantu

        Suka

  10. Slamat sore dok maaf saya mau tanya dok kucing saya 1 mnggu yg lalu berkelahi, lalu beberapa hari kemudian mengeluarkan nanah di telinga. Saya obati telinganya dengan obt tetes telinga dan alhamdlilah nanahnya sudah tidak keluar dan sekarang pun sudah bersih. Tapi sekarang terdapat benjolan besar dan hangat di kepala tepatnya di belakang telinga dok, Apakah benjolan tersebut dapat pecah sendiri tanpa di sayat dan bagai mana cara penanganannya supaya benjolan tersebut cepat mengempis..?? Mohon pencerahannya dok. Trimakasih

    Suka

    1. Selamat sore Alif

      Nampaknya itu adalah abses, bisa pecah sendiri kalau sudah matang.Akan tetapi proses pematangan bisa dipercepat dengan mengompress benjolan tersebut dengan kain yang sudah dlembapkan dengan air hangat selama beberapa menit setiap hari.

      Semoga membantu

      Suka

  11. Trimakasih sudah menyempatkan untuk membalas dok.
    Sangat membantu sekali untuk saya dok trimakasih untuk sarannya dok.

    Suka

  12. selamat siang dok, setelah membaa artikel diatas, kayaknya kucing saya juga kena abes deh, kemarin ada benjolan di pinggang sebelah kiri, tadi malam udah pecah dan mengeluarkan carian berwarna putih dan berbau busuk, nah bekas pecahan di benjolanya jadi ada lobang kecil dan selalu basah, udah saya lap terus, nah kata ibu saya lobang bekas pecahan itu suruh di tetesi betadine, apakah boleh dok..? soalnya lobangnya itu sering di jilati sama si kuingnya…

    terimakasih…

    Suka

    1. Selamat siang Haris

      Cairan putih dan berbau busuk itu adalah nanah yang merupakan produk dari sistem pertahanan tubuh terhadap infeksi, boleh ditetesi betadine tapi kalau saya lebih menyarankan untuk dikompres dengan antiseptik (misal Rivanol), hal ini sekaligus untuk membersihkan sisa kotoran dan nanah yang keluar.

      Semoga membantu

      Suka

  13. Dok, kucing saya juga kena abses. Saya baru sadar ketika absesnya udah pecah. Dan itu terjadi kemarin lusa siang. Karena dirumah lagi kosong stock revanol, jadi saya beri perasan kunyit dok. Kata ibu saya itu pengganti revanol. Awalnya kucing saya lesu dok, dan tidak nafsu makan. Suhu badannya juga tinggi. Malamnya saya beri amoxicillin dg dosis 1/4. Setelah 3 jam baru dia mulai bersuara minta makan dok dan mulai lincah. Tapi lubang absesnya masih basah dok. Kira-kira cara penyembuhannya gimana dok ya? Ini saya perban dok, takut lubangnya kena kotoran atau tergesek. Beberapa hari ini saya taburin amoxicillin di lubangny dan saya perban. Apakah langkah yang saya pakai sudah benar dok?

    Suka

    1. Hai Widcha,

      Kunyit dan juga daun sirih memang bisa digunakan sebagai antiseptik. Dari keduanya saya lebih menyukuai daun sirih karena lebih mudah penyiapannya dan juga warnanya tidak membekas.

      Suhu yang tinggi merupakan indikasi adanya infeksi.

      Untuk penggunaan antibiotika, mintalah resep ke dokter – karena dokter akan menghitung jumlah dan lama pemberian berdasarkan hasil pemeriksaan. Penggunaan antibiotika secara tidak tepat berpotensi menyebabkan resistensi kuman.

      Untuk absesnya sendiri yang sudah menjadi luka terbuka, bersihkan dengan larutan antiseptik untuk menghilangkan sisa sisa kotoran.Untuk mempercepat kesembuhannya bisa digunakan salep antibiotika (misalnya bioplacenton).

      Perban boleh dipasang, namun karena membuat kucing jadi risih jadi sering digigit gigit dan dilepas. Dibiarkan terbuka saja tidak apa apa.

      Semoga membantu

      Suka

      1. Iya dok ini saya sudah pakai rivanol untuk lukanya, semoga bisa cepet kering dok. Kira-kira abses sembuh dalam berapa lama dok? Soalnya ini sudah hari ke-4. Dan kucing saya sudah berisik minta main keluar rumah.

        Suka

      2. Lama tidaknya kesembuhan juga tergantung seberapa besar lukanya, untuk mempercepat kesembuhannya bisa diolesi salep yang mengandung antibiotika misalnya “bioplasenton” yang bisa didapatkan di apotik.

        Suka

      3. Sama sama & kalau tidak keberatan – upload fotonya disini sehingga bisa jadi referensi buat teman teman lain yang punya kasus serupa

        Suka

  14. Dok saya punya kucing awalnya ada pembengkakan dibawah lehernya, saya sentuh dia tidak marah sama sekali, jadi saya pikir tdk ada apa2, lalu beberapa hari bengkak makin besar dan mengeluarkan nanah. Saya bawa ke dokter hewan dilakukan operasi kecil. Ini sudah 2 hari tapi luka tidak mengecil ataupun kering justru kucing saya makin parah, tidak mau makan dan demam. Tidak bisa jalan karna lengan didekat lukanya susah digerakkan, dan juga ritme nafasnya juga cepat. Saya harus gimana ya dok? Mohon bantuannya dok

    Suka

    1. Hai Thesa,

      Dari apa yang digambarkan Thesa, sepertinya kucingnya memiliki abses, walaupun dokter sudah mengambil tindakan memang tidak bisa langsung sembuh dalam satu atau dua hari.

      Saya tidak tahu pasti, apakah dokter memberi obat setelah untuk dibawa ke rumah atau tidak – dan apabila sudah diberi obat apakah sudah diminumkan sesuai petunjuk?

      Demam yang terjadi menunjukkan adanya infeksi dan untuk itu biasanya dokter akan memberikan antibiotika (AB),konsultasikan lagi dengan dokter yang menanganinya terdahulu.

      Sambil menunggu dibawa ke dokter bisa dilakukan hal berikut:

      Usahakan kucing tetap minum, jika perlu dimasukkan pelan pelan menggunakan alat suntuk plastik yang diepas jarumnya. Jika tidak mau makan, bisa dicoba disuapi terlebih dulu. Jika tidak mau mengunyah berikan makanan yang encer – saya biasanya membuat sendiri bubur dari tepung beras yang dicampur daging ayam atau tuna yang dihaluskan.

      Lukanya dikompres dengan larutan antiseptik untuk mencegah infeksi.

      Semoga membantu

      Suka

      1. Ada diberi obat dok, diberikan antiseptik, sejenis betadine dan obat tablet dan juga sirup. Saya rutin memberikan sesuai pentunjuk dokter dok, ketika saya bersihkan absesnya saya pencet bagian bengkaknya apa tidak apa2 dok? Karna makin hari makin membesar. Dan malam ini puncaknya. Tidak mau makan juga minum. Dia demam juga badannya menggigil dok. Saya jadi panik.
        Barusan saya kasih bubur dok tapi dia cuma mau sedikit sekali. Tidak apa2 itu dok? Pipispun biasanya langsung ketempatnya tapi malam ini dia pipis di tempat tidurnya.

        Suka

      2. Berusahalah tetap tenang dan tidak panik.

        Lanjutkan pengobatan sesuai saran dokter.

        Kalaupun hanya mau makan dan minum sedikit, tidak apa2 – tinggal nanti diulang lagi.

        Kalau ini benar abses, maka benjolannya bisa dikompress dengan air hangat sampai nanti pecah sendiri.

        Suka

  15. Dokter apa di jakarta utara ada klinik yg murah untuk kucing? kucing saya kucing kampung, saat ini terluka di area belakang, luka cukup terbuka dan dia kesulitan utk menaiki anak tangga, kemungkinan digigit kucing lain, sudah 3 hari ini dia tidak makan, hanya sembunyi di bwh tmpt tidur. didekati dia marah. apa ada obat ptolongan pertama dok? terima kasih dokter

    Suka

    1. Hai Nadia,

      Link berikut berisi informasi dikter hewan di daerah Jakarta Utara mungkin bermanfaat untuk Nadia —>https://triakoso.wordpress.com/2013/05/16/dokter-hewan-praktek-jakarta-utara/

      Cobalah memberi minum dengan meletakkan wadah berisi air dibawah tempat tidur.

      Kalau lukanya masih baru, bisa diberi betadine atau sejenisnya, jika sudah lama dan kotor – bersihkan dulu dengan larutan antiseptik.

      Apabila kesulitan, bawalah ke dokter hewan

      Suka

    1. Biarkan saja sampai matang dan pecah sendiri kemudian diberi(dikompres larutan antiseptik),akan tetapi yang lebih penting dicari penyebab absesnya (misalnya karena berkelahi) untuk diantisipasi

      Suka

      1. gak sembuh sembuh dok. Sudah pecah… Kering. Tumbuh lagi, pecah, tumbuh lagi…. Ke dokter hewan jauh dok dari tempat saya. Bagaimn cara mengatasiny

        Suka

      2. Kalau memang berulang, seharusnya kucingnya mendapat terapi antibiotika melalui suntikan atau melalui oral (mulut). Untuk itu perlu konsultasi dengan dokter.

        Akan tetapi karena Fajar belum bisa ke dokter maka saya hanya bisa menyarankan pengobatan ringan yang bisa dilakukan sendiri.

        Selalu saya sarankan untuk membersihkan lukanya dari kotoran,rambut sekitar luka juga supaya dicukur. Kemudian kompress dengan antiseptik dalam waktu yang cukup lama (saya sarankan 5 menit).

        Setelah itu bisa diberikan salep untuk luka yang dijual bebas di apotik.

        Sepanjang pengetahuan saya, jika abcess sudah pecah maka dia tidak akan menjadi benjolan lagi, jika muncul benjolan lagi itu berarti abcess baru yang mungkin letaknya berdekatan dengan yang lama.

        Hal yang penting diingat juga bahwa pengobatan akan efektif jika diketahui penyebabnya, misalnya karena gigitan kucing lain ketika berkelahi – maka usahakan untuk menjaga kucing tersebut supaya tidak berkelahi lagi.

        Suka

      3. Cara memberikan obatnya gimna dok.. saya pake revanol…. Di semprotkan saja… Atau dituang di kain bersih lalu ditempelkan di luka??

        Suka

      4. Gunakan kain kasa atau kain yang bersih, basahi dengan rivanol lalu tempelkan selama 5 menit, lakukan 2 kali sehari

        Suka

  16. hallo dok saya icha,

    jd kucing saya ini ada benjolan di kaki yg saya pikir abses krna benjolan seperti berisi air dan kuku kaki (kelingking) sampingnya jd agak bengkak .

    suda dibawa ke dokter dan di beri salep+ obat cair yg di minum . tp kaki kucing saya yg luka td itu di perban .
    nah td sy lupa tanya . apakah setelah di oleskan salep baru di perban lg?

    apakah tdk papa luka yg mungkin itu nanah di perban? cmn takutnya jd benyeyek gt lukanya .

    mohon di balas ya dok, terimakasih

    Suka

    1. Halo Icha

      Sepanjang yang saya pahami dari yang disampaikan Icha, lukanya berupa luka terbuka jadi memang diperban setelah disalep dengan maksud supaya tidak kotor dan tidak dijilat jilat.

      Penggunaan perban akan mencegah kontaminasi dan mempercepat kesembuhan. Jika terjadi luka yang becek, kemungkinan karena perbannya kotor dan harus diperbarui.

      Biasanya problem justru dari kucingnya sendiri yang merasa tidak nyaman dan berusaha melepas perban tersebut.

      Suka

  17. Salam Dok

    Kucing di rumah saya terluka, saat saya lihat sepertinya ditembak dg senapan angin (terlihat adanya 2 lubang seperti yg saya pernah saya lihat sebelumnya saat keluarga sedang membasmi hama di kebun).

    Cukup kah saya melakukan pengompresan berkala + pemberian betadine?? 😦

    Terima kasih & Tolong arahannya Dok

    Suka

    1. Hai Khairul,

      Jika bagian yang tertembak adalah dada atau perut, tentulah perlu dibawa ke klinik yang punya peralatan cukup untuk operasi.

      Namun jika yang tertembak adalah bagian kaki atau bagian lain dan tidak ada tanda tanda peluru tertinggal di dalam serta lukanya tidak parah,mungkin dilakukan perawatan sendiri.

      Apabila sudah berupa luka terbuka (bukan abses) bisa dibersihkan dengan antiseptik untuk menghilangkan kotorannya. Jika sudah bersih, bisa diolesi salep antibiotika serta dijaga agar tidak dijilati.

      Kalau berbentuk abses, harus ditunggu sampai pecah baru dilakukan tindakan seperti di atas.

      Semoga membantu

      Suka

  18. Sbelumnya trimakasi bnyak dok, artikel Anda bnar2 sangat membantu.
    Dok kucing saya kena abses di kaki, sudah pecah, dijilati nya terus, jujur saya tdk punya dana utk bawa ke klinik. 😦 tp saya syang bgt ma dia. sudah 3 hari luka nya smakin lebar. Saya cm bs obati dgn rivanol. Tp Alhamdulillah dia masi kuat makan. Bagaimna langkah slanjutnya dok? 😦 Sbelumnya trimakasi bnyak dok, artikel Anda bnar2 sangat membantu.
    Dok kucing saya kena abses di kaki, sudah pecah, dijilati nya terus, jujur saya tdk punya dana utk bawa ke klinik. 😦 tp saya syang bgt ma dia. sudah 3 hari luka nya smakin lebar. Saya cm bs obati dgn rivanol. Tp Alhamdulillah dia masi kuat makan. Bagaimna langkah slanjutnya dok? 😦

    Suka

    1. Hai Andi,

      Saya juga senang kalau tulisan saya bisa membantu andi.

      Kalau sudah pecah dan menjadi luka terbuka maka bisa dilanjutkan dengan pemberian salep luka yang mengandung antibiotika. Supaya tidak dijilati, kucingnya bisa dipasangi collar pada lehernya (bisa di buat sendiri dari kertas manila).

      Jika tidak ada salep antibiotika, bisa pakai larutan Rivanol atau rendaman daun sirih , kakinya direndam selama 5 menit sebanyak dua kali sehari. Namun cara ini sering tidak praktis karena kucingnya suka berontak kalau dipegang terlalu lama.

      Saya kira klinik atau dokter hewan praktek tidak harus mahal, jadi jangan terlalu khawatir.

      Suka

  19. Dok saya mau tanya, kira-kira seminggu lalu, kucing saya bertengkar dengan kucing lain. Lalu setelah itu saya biarkan saja dok, soalnya memang kucing saya suka bertengkar. Setelah kurang lebih dua hari, tiba-tiba muncul benjolan dipipi kirinya dok. Dari hari ke hari semakin besar benjolannya. Nah saya mau tanya apakah itu memang abses atau semacam kanker atau tumor? Lalu saya mau tanya juga, apakah kucing dapat mengobati sendiri abses kalau benjolan itu memang abses? Sekian dan terimakasih

    Suka

    1. Hai Ida,

      Abses itu, benjolan yang berisi cairan nanah dan dia akan pecah sendiri menjadi luka terbuka nantinya. Pada saat sudah menjadi luka terbuka, jika tidak terlalu besar-akan sembuh sendiri, namun jika cukup besar – mungkin perlu bantuan Ida untuk penyembuhannya.

      Sedangkan tumor berupa tonjolan yang berisi material padat dan jarang terjadi.

      Suka

      1. Selamat malam dan terimakasih atas jawaban sebelumnya.
        Maaf menganggu Dok saya mau tanya, kalau seumpama saya beri antibiotik untuk diminumkan pada kucingnya apakah boleh ? jika iya antibiotik apa yang sebaiknya digunakan ? selain itu kalau penggunaan salep garamycin pada abses kucing apakah diperbolehkan ?
        Sekian dan terimakasih

        Suka

      2. Selamat malam Ida Bagus Pranya.

        Salep garamicyn boleh diberikan, akan tetapi untuk antibiotika yang diminumkan saya sarankan berkonsultasi langsung dengan dokter hewan terdekat

        Salam

        Aris

        Suka

  20. Siang Dok.. beberapa waktu lalu kucing saya kabur dari rumah, dia kucing rumahan sebenarnya.. semalaman tidak pulang. beberapa hari kemudian muncul abses lunak di bawah telinga dan juga di bawah mata.. kemudian pecah sendiri sendiri mengeluarkan nanah berwarna kuning kecoklatan dan diikuti darah warna awal merah pekat tua kemudian merah agak muda. saya bersihkan dan cukur bulu di sekitarnya. sudah dua hari ini lukanya mengering dan kempes bekas absesnya. apa mungkin ketika kabur itu dia berkelahi dengan kucing lain ya Dok? Atau karena digigit serangga? Karena luka nya seperti bekas gigitan semut besar karena di sekitar rumah juga banyak semut besar besar di taman belakang.

    Suka

    1. Selamat siang Hanna,

      Bisa berkelahi atau digigit semut, tapi menurut saya berkelahi lebih mungkin sebab kalau digigit semut – sebelum semutnya menggigit dia sudah menghindar terlebih dahulu.

      Suka

  21. Dok kucing saya sepulang main, kakinya bengkak. saya diamkan sama kasian saja. setelah 3hari makin bengkak. dan di sela” jari kaki depan berair atau nanah kurang jelas dan dijilati trus. kemungkinan dilempar benda keras itu dok. diaekitar saya tdk ada dokter hewan. apa bisa saya kasih revanol atau betadin? kasian dok hanya bisa berdoa. tolong saranny dok.

    Suka

    1. Hai Prasetio

      Untuk sementara telapak kakinya yang sakit diredam dalam larutan rivanol selama 5 menit, sehari dua kali, namun saya sarankan tetap ke dokter hewan.

      Semoga membantu

      Suka

  22. Selamat malam, dok kucing itu bisa terkena gondokan tidak?
    Kalau bisa, bagaimana cara membedakan benjolan pada kucing apakah itu karna gondokan, tumor dan abses? Karna saat ini kucing saya terdapat benjolan dileher sebelah kanannya, benjolannya agak sedikit keras dan ada luka dibenjolannya itu, lalu saya harus bagaimana cara menanganinya supaya tidak salah?

    Suka

    1. Selamat malam Fitri,

      Akan lebih mudah untuk memahami apa yang terjadi pada kucingnya Fitri jika saya melihat langsung.

      Saya kira yang dimaksud Fitri adalah “gondongan”, ini adalah istilah yang biasa dipakai masyarakat untuk menyebutkan gejala pembengkakan kelenjar limfa,dimana salah satunya terletak didekat leher.Pembengkakan ini merupakan reaksi pertahanan tubuh atas infeksi yang terjadi disekitarnya.

      Sedangkan abses adalah infeksi dibawah kulit yang mengeluarkan nanah – abses ini selabjutnya akan pecah dan menjadi luka terbuka.

      Tumor berupa tonjolan yang berisi material padat.

      Pada kucingnya Fitri, jika memang ada luka – maka harus disembuhkan lukanya, jika kotor dibersihkan dahulu, jika sudah bersih kemudian bisa diberi salep antibiotika.

      Apabila memungkinkan bawalah kucingnya ke dokter.

      Semoga membantu

      Suka

    1. Hai Della,

      Tanpa melihat atau memegang langsung kucingnya, saya tidak bisa menyebut itu abses atau bukan.

      Namun tidak perlu terlalu khawatir karena abses merupakan mekanisme alami dalam pertahanan tubuh yang terjadi ketika terjadi infeksi pada kukit kucing. Didalam benjolan abses berisi nanah.Akan pecah menjadi luka terbuka setelah matang.

      Jika kucingny masih mau makan dan minum , tidak perlu terlalu khawatir.

      Della tinggal di mana?
      Dokter hewan tidak selalu berarti biaya mahal, jadi jangan terlalu khawatir dengan biaya.

      Suka

  23. mlm dok ,
    saya mau tanya..
    kucing saya ada luka dbgian dalam telinga sepertinya bekas cakaran kucing lain, kemarin kuping kucing saya mengeluarkan nanah yg berbau busuk, karna saya kasihan saya bantu memijit daerah pipiny yg rada membengkak setelah itu saya rasa cukup mengeluarkan nanahny saya obati dgn cairan revanol setelah itu luka cakaran ddlm telinga saya taburkan dengan obat dumex(pengering koreng untk manusia) selang 2hri luka cakaranny mulai sembuh namun setelah luka itu sembuh pipi kucing saya malahan membengkak besar??
    saya bingung dok hrs gmn toh kucing saya luka ditelingany sudah rapet , ingin kedokter hewan tidak ada dana dok…
    apa perlu luka lama kucing saya buka kembali agar pipinya lekas kempes??? trma ksh dok

    Suka

    1. Selamat pagi Yuni,

      Maaf saya belum jelas, apakah yang dimaksud luka pada telinga itu adalah luka pada daun telinga bagian dalam atau pada bagian dalam telinga?

      Adapun pipi yang bengkak itu apakah ada luka atau hanya bengkak saja?

      Suka

      1. slmat sore, dok..

        kucing sya luka dalam(bolong) di leher kiri bawah. lukanya baru aja, sebab tadi siang brkelahi dngan kucing lain. apa yang hrus sya lakukan dok??
        Sya panik banget. mhon pnjelasannya..

        trimakasih…

        Suka

      2. Hai Fery,

        Dalam menghadapi kucing yang terluka,Hal pertama yang harus dilakukan adalah “jangan panik”, karena panik tidak akan membantu.

        Yang kedua, jika ada perdarahan (dalam kasus kucingnya Fery, mungkin sudah tidak berdarah) hentikan perdaraha. dengan menempelkan dan menekan kain kasa yang bersih (bukan kapas).

        Jika perdarahan suda berhenti bersihkan luka dengan larutan antiseptik, demikian juga dengan rambut di sekitarnya.

        Kemudian, sedapat mungkin bawalah ke dokter hewan terdekat.

        Semoga saran saya bisa membantu

        Suka

  24. selamat pagi dok.
    kucing saya sudah 2 hari tidak mau makan. terus saya tanya ke teman saya yang lebih pengalaman pelihara kucing. dia bilang suruh kasi paracetamol 1/2 dosis. terus pas pagi besok nya muka kucing saya membengkak ? apakah dia kelebihan dosis obat, atau ada penyebab lain ? kalau kelebihan dosis, gmn cara ngatasi nya ? kemudian mata sebelah kiri nya mengeluarkan kotoran terus. gmn ngobati nya ?
    mohon bantuannya dok. terima kasih.

    Suka

    1. Selamat pagi Susan

      Pertama perlu diketahui Susan adalah kucing tidak boleh diberi obat penurun panas (seperti parasetamol,aspirin,dll) karena bersifat “beracun” bagi kucing, jadi jangan pernah meberikan pada kucing sama sekali. Muka bengkak dan mulut kebiruan adalah salah satu gejala keracunan paracetamol, satu satunya saran saya – bawalah ke dokter segera

      Suka

  25. Sore dok, di dekat tulang ekor kucing saya bengkak dan berlubang kecil sebesar kepala cotton bud seperti tertusuk gigi atau besi. Tapi tidak bernanah. Dan tidak seperti luka karena tidak berdarah. Setiap kali dipegang dia kesakitan. Selama ini saya tetesi propolis supaya bakteri tidak menyebar.
    Nafsu makan nya baik dan badan nya tidak demam. Apa yg harus saya lakukan agar lubangnya tidak membesar karena selalu dijilati? Bisakah dirawat dirumah karena saya terbatas biaya. Terima kasih atas jawaban nya.

    Suka

    1. Selamat sore Dinda,

      Kalau lukanya nampak kotor, bersihkan dulu dengan larutan antiseptik – bisa pakai betadine yang diencerkan.

      Setelah bersih, olesi salep antibiotika – bisa beli salep yang generik (bukan obat paten) shg lebih ekonomis.

      Supaya tidak dijilati, pasang collar di lehernya – bisa buat sendiri dari kertas bekas yang kaku (misal kertas manila)

      Semoga bermanfaat

      Suka

  26. Selamat sore dok.
    Kucing saya awalnya sariawan, ga mau makan berhari-hari tp saya paksa makan dan minum pakai suntikan. Lalu sariawannya saya oleskan pake albotile. Syukurnya sembuh. Tp ga lama muncul bengkak dileher kiri, saya kira itu bengkak karna saya paksa sewaktu ngasih makan. Tp makin lama makin besar, kemudian pecah ninggalin luka bolong. Trus besokny kaki kanan kiri jg pada luka-luka dan itu smua ngeluarin nanah karna baunya nyengat. Akhirny saya bawa kucing saya ke dokter, dokterny blg gpp, itu karna kelahi, tp dokterny ga blg kalo itu abses. Sudah di kasih obat suntik sm obat tetes utk selama pengobatan dirumah. Kejadiannya sdh mau seminggu lebih, karna dipakein collar, alhamdulillah luka yg di leher sdh kering, tp yg di kaki belum kering2 juga, malah keluar nanah trus darimana-mana, lubang ny banyak kayanya dok, ga keliatan karna bulunya hitam. Luka ga kering2 sdgkan obat tetesny udh abis dan di suruh pakai betadine aja.
    Pertanyaan saya ap itu memang abses? Lalu saran bpk gmn soal kaki yg ga kering2 dan ngeluarin nanah trus? Dokter saya nyarani di pencetin aja biar keluar, tp mslh ny kucing saya berontak trus, mgkn dia stres karna setiap hari kesakitan di obatin, saya ga tega dok..
    Mohon dibalas dok..
    Terimakasih.

    Suka

    1. Selamat sore Anggraini,

      Abses itu bukan penyakit, tetapi gejala yang muncul karena suata sebab. Jadi benar kata dokter, bahwa awalnya karena berkelahi kemudian timbul abses yang berupa luka bernanah di bawah kulit.

      Mengenai kaki yang masih luka, menurut saya yang paling tahu adalah dokter yang menangani – jadi saya hanya memberi tambahan saran saja dan harap tidak dianggap sebagai pengganti saran dokter yang menangani.

      Berdasar penjelasan Anggraini di atas, saya menduga luka di kakinya sudah terbuka sehingga nanahnya sudah bisa keluar. Sekarang tinggal mengibati lukanya, pengalaman saya yang paling mudah adalah dengan merendam di larutan antiseptik-bisa menggunakan Rivanol atau bisa juga pakai betadine yang diencerkan, keduanya bisa dibeli dengan bebas di apotik. Rendamlah selama 2-3 sebanyak 2 kali sehari.

      Semoga bwrmanfaat

      Suka

      1. Apa selama kakinya masih bengkak kemungkinan nanahnya masih ada?
        Kalau luka di telapaknya ditutup gmn ya dok? Soalnya kena pasir trus, pas dia bak atau bab. Jd ga bs sembuh2, bengkak trus telapaknya, bonyok juga.
        Rivanol gpp ya utk kucing dok? Saya takut karna alkohol aja ga boleh.

        Suka

      2. Nanah justru harus dikeluarkan, karena itu merupakan sisa sel darah putih dan jaringan yang sudah rusak sehingga lukanya jangan ditutup.

        Rivanol aman untuk kucing dan mengenai kaki yang kotor, usahakan selama sakit di ada di dalam rumah – dan kalaupun kena pasir bisa dibersihkan.

        Mengenai alkohol, mamang tidak boleh diminumkan ke kucing, atau diteteskan ke luka – tapi sebagai antiseptik untuk kulit alkohol malah dipakai ketika mau operasi.

        Suka

      3. Oh begitu..
        Dok kalau misal nanahnya sampe ke jilat kucing itu sendiri, gmn ya? Ap ad efeknya?
        Satu lg dok, baru kejadian td pagi sm sore ini. Kucing saya yg sakit di gigit leherny sm pejantan yg lain di rumah, situasinya kaya mau kawin gitu, karna sblm ny pejantan yg lain itu ngeong2, ngejar2 yg sakit ini kemudian di gigit leherny. Itu kenapa ya? Saya bingung. Trus malam ini kucing yg sakit jd ga mau makan

        Suka

      4. Tidak perlu khawatir nanahnya terjilat karena kucing punya cara sendiri. Efek negatifnya justru kalau dia menjilati obat yang dipakai karena obatnya jadi tidak efektif.

        Kucing yang mengejar dan menggigit itu kucing yang dominan di kelompoknya,dia cenderung memusuhi jantan lain yang ada diwilayahnya. Sedangkan kucing digigit menjadi stress dan tidak mau makan. Pisahkan kedua kucing tersebut agak menjauh (misalnya beda ruang).

        Suka

      5. Kalau begitu collarnya saya pakein sampe lukanya sembuh aja ya, dok?
        Malahan kucing yg gigit itu yg paling sering di serang sm kucing jantan yg lain dok saat mau dikasih makan. Kucing yg gigit ini ada 2, dari 2 induk yg berbeda dok.
        Iya kucing ny sdh saya pisahkan dr yg lain, tp malah ga mau makan 😦
        Gimana ya dok, saya bingung.. Atau rotasi menu makanan?
        Terimakasih banyak ya dok sudah balas pesan saya. Smua info nya sangat membantu saya..

        Suka

      6. Bagus kalau bisa dipasang terus collarnya.

        Kucing yang stress dan tidak mau makan perlu waktu supaya normal lagi,seringkali menemani dia ketika makan bisa menimbulkan rasa aman.

        Suka

  27. Selamat malam dokk.
    Kucing domestik saya udah 2 hari ga mau makan. Badannya demam matanya berair dan keluar cairan dihidung. Apa kucing saya flu dok? Hari pertama saya kasih propolis alhamdulillah udah mendingan demamnya. Tp ttp ga mau makan. Dia tidur terus. Kata temen saya dia cacingan. Akhirnya saya Kasih obat cacing 1/4 karena kucing saya mash kecil. Tapi ttp blm mau makan juga dok.
    Pertanyaannya tindakan apa yg harus saya lakukan agar kucing saya mau makan lagi dok. Terimakasih

    Suka

    1. Selamat malam Ulfa,

      Dari gejala yang diceritakan Ulfa-sepertinya memang kucingnya kena flu/infeksi saluran pernafasan atas. Biasanya ini disebabkan virus – saran saya bawalah ke dokter, karena kucingnya perlu diberi pengobatan untuk menghambat infeksi sekunder dan juga menghambat laju pertumbuhan virus.

      Suka

      1. Hai Ulfa,

        Dokter bekerja berdasarkan pemeriksaan fisik langsung dan tidak bisa melalui komunikasi jarak jauh.

        Saya sarankan ke dokter karena ada indikasi penyakit virus yang mana kesembuhannya sangat bergantung pada kemampuan tubuh kucing sendiri, membawa ke dokter sedini mungkin – akan membantu kemungkinan kesembuhannya.

        Jika memang belum bisa ke dokter, saya hanya bisa menyarankan – untuk mengusahakan kucing tetap makan dan minum. Salah satu caranya dengan membuat bubur tepung beras yang campur daging ayam halus atau ikan tongkol/tuna yang dihaluskan.

        Seluruh saran saya diatas harap dianggap sebagai tambahan informasi dan bukan pengganti kunjungan ke dokter.

        Suka

      2. Selamat Malam dok,

        Kucing saya sudah 3 hari ga makan dan ga minum, dihari ke-3 saya berikan campuran makanan berupa Tongkol, Kuning Telur dan Lysin yg sudah saya aduk hingga halus lalu saya suapin pake pipet sedikit sedikit.

        Nah saat ini terdapat benjolan di bawah lehernya, saat saya pegang itu rasanya lembek bgt seperti terisi air, yang saya pikir itu air atau makanan yg saya suapin di tampung dilehernya.

        Jika itu benar air atau makanan yg saya kasih berarti selama ini ga ada asupan makanan ke tubuhnya?

        Tapi jika itu gondongan apa bisa sembuh dengan bantuan saya?

        Saya harus bagaimana dok, saya bingung…

        Mohon saran dan masukkannya dok. Terima kasih

        Suka

      3. Selamat malam Icha,

        Kucing tidak punya kemampuan menyimpan makanan di lehernya, jadi makanan yang selama ini tidak akan disimpan di kantung leher.

        Saya hanya menduga duga berdasar deskripsi dari Icha :

        Kucing kemungkina. mengalami infeksi di daerah bawah leher, ini menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening yang terletak di bagian leher. Pembengkakan ini yang dirasakan Icha sebagai benjolak lunak. Selain itu karena kucing merasa tidak nyaman maka dia kehilangan nafsu makan.

        Apa yang harus dilakukan?

        Selama memungkinkan bawalah ke dokter untuk diperiksa dan apabila terjadi infeksi dokter akan memberikan antibiotika.

        Sementara belum bisa ke dokter, usahakan kucing tetap makan dan minum -diantaranya dg cara disuapi.

        Suka

      4. Terima kasih dok atas jawabannya

        Saya mau tanya dok, olahan Tongkol, Kuning Telur dan Lysin yg aduk dan dihaluskan dapat membantu asupan protein dan vitaminnya dok?

        Selama ini kemungkinan yg masuk ke mulut hanya 2-3 ml/12 jam, apa itu cukup atau masih banyak kurangnya? Karna setiap saya suapin ga langsung masuk ke tenggorakan karna rongga mulut ditutupin lidahnya sehingga banyak yg kebuang dan hanya sedikit yg masuk.

        Mohon penjelasannya dok.

        Suka

      5. Terima kasih dok atas jawabannya

        Saya mau tanya dok, olahan Tongkol, Kuning Telur dan Lysin yg aduk dan dihaluskan dapat membantu asupan protein dan vitaminnya dok?

        Selama ini kemungkinan yg masuk ke mulut hanya 2-3 ml/12 jam, apa itu cukup atau masih banyak kurangnya? Karna setiap saya suapin ga langsung masuk ke tenggorakan karna rongga mulut ditutupin lidahnya sehingga banyak yg kebuang dan hanya sedikit yg masuk.

        Ditunggu penjelasannya dok.
        Terima kasih

        Suka

      6. Tentu saja tidak mencukupu, namun ketika kucing sedang sakit dan tidak mau makan yang lebih penting adalah menjaga agar kucingnya minimal tidak dehidrasi (kehabisan cairan).

        Kalau kucing tidak mau minum, bisa “dipaksa” minum oralit (bisa beli di apotek) menggunakan pipet atau alat suntik yang dilepas jarumnya. Beri minum sesering mungkin.

        Saya sendiri kalau kucing tidak mau makan, saya beri bubur beras yang encer dan dicampur tongkol yang dihaluskan, karena encer bisa dimasukkan menggunakan alat suntik tanpa jarum.

        Tujuan utamanya adalah menjaga kucing supaya tidak twrlalu lemah dan setelah lebih sehat, dia akan berusaha makan sendiri.

        Saya sangat menyarankan juga untuk membawa ke dokter, karena hanya dengan memeriksa secara langsung bisa ditentukan tindakan yang tepat.

        Saran saya diatas harus dianggap sebagai informasi tambahan dan bukan pengganti kunjungana ke dokter hewan.

        Suka

  28. Dok mau nanya, di kos saya ada kucing kampung kayaknya lagi sakit, keliatannya lemas, ga pernah makan, terus keluar nanah terus, nah waktu aku tinggal kuliah dia tidur di ember tempat baju kotorku dan nanahnya nempel, nanahnya bahaya buat manusia ga sih dok? Terus baiknya bajuku aku buang apa ga? Dan apakah kucing itu kena abses?

    Suka

    1. Hai Lupi,

      Sebagian besar penyakit kucing tidak menular ke manusia.

      Jika sudah keluar nanah, absesnya sudah jadi luka terbuka.

      Apakah baju perlu dibuang atau tidak itu tergantung Lupi sendiri,kalau bisa dicuci sehingga tidak ada noda lagi – tidak ada salahnya digunakan lagi.

      Suka

      1. Dok maaf nanya lagi, kucing yg dikos saya tadi meninggal, apakah abses bisa menyebabkan kematian pada kucing dok? Saya takut kalau kucing tersebut menularkan penyakit karena nanahnya yg terkena di baju saya.

        Suka

      2. Abses itu bukan penyakit, tapi gejala adanya luka bernanah dibawah kulit, biasanya karena berkelahi atau digigit kucing lain dan tentunya tidak menular.

        Hanya sedikit sekali penyakit pada kucing yang menular ke manusia. Jadi tidak perlu khawatir berlebihan.

        Suka

  29. Dok, kucing saya unur 5 tahun, bibir atas kanan sepertinya sariawan karena tergigit taring bawahnya. Nafsu makannya masih bagus. Dan dia terlihat tidak kesakitan waktu makan. Sebaiknya diobati dengan apa ya Dok?
    Terimakasih….

    Suka

    1. Sariaan di bibir biasanya karena virus, jika dibawa ke dokter hewan akan diberi obat untuk mencegah infeksi sekunder. Namun jika belum memungkinkan dibawa ke dokter dan kucingnya mau makan – cukup diberi makan yang baik – dengan harapan sistem kekebalan tubuhnya akan muncul dengan baik dan mampu melawan infeksi virus yang masuk. Jika memungkinkan jangan dibiarkan keluyuran keluar rumah dulu supaya tidak tertular kucing lain yang ungkin sakit.

      Semoga membantu

      Suka

  30. dok saya mau tanya. kucing saya umurnya baru sekitar 3 bulan. sudah seminggu nafsu makannya kurang, terus suka batuk dan seperti pengen muntah tapi tidak ada muntahannya. nah kemarin setelah saya cek, lehernya bengkak lumayan besar. dan hari ini saya cek lagi ternyata ada luka bolong seperti sobek dibagian bawah leher yang bengkak itu (bengkaknya dibagian kiri leher dan lukanya dibawah, bagian pinggir bengkaknya) tapi tidak mengeluarkan darah atau nanah. itu penyakit apa ya dok? apakah abses?
    saya belum bisa bawa dia ke vet karna biaya. apa bisa dikasih obat betadine aja? mohon bantuannya dok:(

    Suka

    1. Hai Indah

      Berdasar gambaran yang diberikan Indah, sepertinya kucing tersebet terluka (bisa karena berkelahi atau sebab lain) dan mengalami infeksi sehingga kelenjar limfa di dekatnya membengkak sebagai respon atas infeksi tersebut.

      Untuk lukanya sendiri bisa duberi antiseptik (spt betadin) atau dibelikan salep antibiotika di apotik.

      Akan tetapi kalau infeksinya sudah menyebabkan demam, harus dibawa ke dokter supaya mendapat pengobatan yang lebih baik.

      Tidak perlu khawatir atas biaya dokter hewan, tidak mesti mahal kok – Indah tinggal di mana, kalau tinggal tidak jauh dari tempat daya silahkan datang ke tempat saya dan kalau memang tidak mampu saya tidak memungut biaya periksa.

      Suka

      1. Dok sekarang lukanya keluar nanah lumayan banyak, gabisa berenti netes dari lehernya. itu emg efek penyembuhannya atau malah semakin parah dok?:( alhamdulillah tidak disertai demam dok, dan nafsu makan sepertinya ada karena setiap saya kasih makan kucing yg lain dia menghampiri makanan tersebut. tapi hanya makan satu dua sereal saja. dan saya mengira itu karena tenggorokannya sakit. alternatif makanan lainnya apa ya dok?saya tinggal di daerah depok dok. terimakasih dok atas jawaban dan tawarannya

        Suka

      2. Mengeluarkan nanah memang bagian dari proses peradangan, jika sudah keluar nanah – lukanya bisa dibersihkan untuk kemudian diolesi salep antibiotika.

        Jika makan makanan keras kesulitan, berikan makan yang lebuh lunak – misalnya daging ayam yang direbus atau potongan ikan tuna yang baunya merangsang nafsu makan.

        Suka

  31. Selamat malam dok..
    saya anak kost yg pelihara 2 ank kucing.. saya mw tanya.. seminggu yg lalu anak kucing saya mati dugaan digigit ular.. nah stlh anak kucing saya yg 1 mati 2hri ank kucing 1nya lagi sqt tdk mw makan.. muntah .. panas.. jga menci” smp lemas badan.y.. saya periksa mulut.y bau & klo diminumin air tdk mw kaya spti perih ddlm mulut.y.. saya rawat dgn mberikan vitagel .. antibiotik dan dilanjut paracetamol dan mknn basah yg dilembutkn utk disuap k.kucing saya.. stlh 3 hri perawatn alhamdulillah sembuh tpi tumbuhlah benjolan dileher kanan.y.. kira” bahaya tdk dok.. cara mnghlgkn benjolan trsbt bgmna.. sya tkut kucing saya knpa”.. saya syg bgt sma dy dok.. sdgkn utk mmbawa.y k.dokter hewan sprti.y sya krg mmpu.. mnurut dokter hrs diberi obt ap biar benjolan tsb cpt hilang.. trmksh dok..

    Note: ank kucing saya umur 4bln..

    Suka

    1. Selamat pagi Jean,

      Saya juga mantan anak kos spt Jean πŸ™‚

      Kalau melihat gejala yang digambarkan, kucing tsb kemungkinan terkena penyakit feline distemper (Feline Pan Leukopenia), suatu penyakit yang disebabkan virus.

      Saya tidak paham antibiotika apa yang dipakai serta berapa dosis yang diberikan. Namun perlu saya garis bawahi bahwa paracetamol tidak boleh diberikan kepada kucing karena bersifat beracun.

      Pada dasarnya belum ada obat yang efektif untuk virus, terapi terutuma ditujukan untuk memperkuat pertahanan tubuh serta meminimalkan infeksi sekunder. Saya selalu sarankan bawalah ke dokter hewan terdekat, namun jika ini belum memungkinkan usahakan kucing tetap mendapat makanan yang cukup dan berkualitas – misalnya berikan daging ayam rebus yang sudah dicincang. Demikian juga usahakam tetap cukip minum.

      Benjolan pada leher merupakan reaksi normal atas terjadinya infeksi.

      Saran saya diatas harus dianggap sebagai informasi tambahan dan bukan pengganti konsultasi dengan dokter secara langsung.

      Semoga membantu

      Suka

      1. Mlm dok.. saran dokter sdh sya terapkn.. untuk 2hari ini benjolan dileher kucing sya mqn membesar smp k.pipi dkt mata.y agk membengkak.. klo blh tw utk mengobati kucing saya biar hlg benjolan.y klo kedokter hewan kira” berapa biaya.y dok.. trmksh..

        Nb : apakah virus tsb bsa mnular thdp mnusia dok?

        Suka

      2. Selamat pagi Jean,

        Sebaiknya ke dokter hewan saja,supaya diperiksa langsung.

        Jean tinggal dimana?

        Mengenai biaya periksa, saya kurang paham karena itu hak masing masing dokter untuk menentukannya, namun saya kira tidak mahal – mungkin tidak lebih mahal dari harga nutrigel yang dibeli Jean.

        Semoga cepat sehat kembali

        Suka

      3. Sore Dok

        saya mau tanya dok, kucing saya sering sekali menggaruk-garuk pada bagian bawah rahang dan sekarang dibagian bawah rahangnya botak (ga ada lagi bulu) karena digaruk.

        apa itu disebabkan oleh jamur atau kutu? dan bagaimana solusinya dok.

        maaf dok kalo nanti saya banyak tanya ke dokter, karena di tempat saya dokter hewan disini masih menggunakan tarif untuk konsultasi saja.

        terima kasih dok sebelumnya.

        Suka

      4. Selamat sore Icha,

        Tanpa melihat tentu akan sulit menentukan apakah itu jamur,kutu atau rambut rontok karena sebab lain. Tulisan saya tentang jamur dan kutu ini mungkin bisa dipakai sebagai informasi tambahan http://www.kucingfelin.com/2016/09/16/ring-worm/ (jamur) dan ini http://www.kucingfelin.com/2016/01/13/pinjal-kucing/ (kutu atau pinjal)

        Pertanyaan dari Icha dan juga yang lain akan saya jawab dengan senang hati jika memang saya mampu menjawabnya, namun selalu saya katakan bahwa informasi dari saya haruslah dianggap sebagai informasi tambahan dan bukan pengganti kunjungan ke dokter hewan, karena untuk mendiagnosa dengan baik – minimal harus melakukan pemeriksaan langsung πŸ™‚

        Saya kurang paham dengan yang dimaksud “menggunakan tarif konsultasi”, namun pada dasarnya jasa dokter hewan adalah jasa profesional. Rekan rekan sejawat saya para dokter hewan sudah menghabiskan waktu tenaga dan juga biaya ketika kuliah – jadi mohon dipahami jika mereka juga mengenakan tarif tertentu atas jasa konsultasi yang diberikan. πŸ™‚

        Semoga membantu

        Suka

  32. Dok, kucing saya ada luka di dekat ekornya. Lukanya itu memerah, berair, di sampingnya ada lubang yang keluar nanahnya, dan dilukanya itu bulunya gak ada. Kemarin sudah saya kasih rivanol tapi lukanya makin berair. Bagaimana cara untuk menyembuhkannya dok? Apa bisa pakai amficillin?

    Suka

    1. Hai Risqi,

      Rivanol dipakai untuk mebersihkan lukanya, setelah bersih diolesi salep antibiotika.

      Sudah berapa lama lukanya? apakah karena berkelahi atau sebab lain?

      Suka

      1. Sudah satu mingguan dok, tapi baru ada lubangnya itu lusa. Antibiotiknya itu apa ya dok?
        Kelihatannya karna berkelahi dok.

        Suka

      2. Untuk salepnya bisa dibeli di apotik,ada banyak macamnya misalnya bioplasenton atau juga bisa salep yang generik (bukan obat bermerek).

        Suka

  33. Malam Dok, saya nemu bayi kucing dihalaman kantor umurnya kira2 baru 3 – 4 hari mungkin, terus karna kasihan dan ga tega saya bawa kerumah pas saya liat dikepalanya ada bekas luka yg bengkak sekali, pada saat ngasih susu saya ga sengaja kepencet lukanya keluarlah nanah terus saya inisiatif untk mengeluarkan nanah tersebut sampai kira2 nananya udah ga ada habis itu saya lap pakai air hangat terus saya kasih betadin dua hari kemuadian bengkak lagi tp kemerahan, itu kenpa yah Dok dan Cara Penanganannya bagaimana? Makasih.

    Suka

    1. Selamat malam Finna,

      Terima kasih sudah mau merawat kucing yang terlantar πŸ™‚
      Kucing umur 3-4 hari itu kelopak matanya masih belum terbuka, belum punya gigi dan belum bisa mendengar serta berjalan – jadi butuh kesabaran untuk merawatnya.

      Mungkin kucing tersebut digigit kucing lain atau terjatuh,nanah sendiri – muncul sebagai sisa reaksi peradangan atas infeksi bakteri pada luka tersebut. Jadi kalau masih bengkak, mungkin masih terdapat ada infeksi didalam luka tersebut.

      Penanganan abses/ luka pada dasarnya adalah membersihkan nanah yang keluar (dengan larutan antiseptik seperti rivanol atau betadine yang diencerkan akan lebih baik) dan kemudian setelah nanah berhenti – dilanjutkan dengan pemberian salep antibiotika.

      Jika memungkinkan dibawa ke dokter, dokter mungkin akan memberikan pengobatan antibiotika melalui minum atau suntikan. Namun jika belum memungkinkan dibawa kedokter dan lukanya tidak terlalu parah, penanganan seperti diatas – biasanya sudah mencukupi.

      Karena kucingnya masih kecil, pastikan mendapat cukup nutrisi melalui susu.

      Semoga membantu

      Suka

  34. selamat malm dok saya mau tanya

    kucing saya tidak ada nafsu makan,dan ketika nafas mulutnya terbuka ,dan bagian dadanya bengkak disertai terjadi benjolan disebelah kiri,saya takut dok klo dia knapa knapa ,menurut dokter dia masih bisa sembuh nggak ya ,soalnya udah 2 hari ini dia lemes

    menurut dokter gimana cara penangananya terimaksih dok

    Suka

    1. Selamat malam Nuraida,

      Kucingnya umur berapa?, bagaimana awal mula kejadiannya?Adakah gejala lain selain yang disebutkan Nuraida?

      Penanganan yang terbaik untuk saat ini adalam membawa ke dokter hewan atau klinik terdekat terdekat.

      Suka

  35. Selamat malam Pak Aris Baskoro,

    Saya Atika dari Jogja, saya mempunyai kucing persia betina, dua minggu yang lalu melahirkan anak kucingnya. Namun, setelah melahirkan anak kucing tersebut, sudah seminggu ini saya mengelus-elus bagian lehernya, bawah pipi sebelah kanan ada benjolan besar sebesar bakso. Apakah itu berbahaya? Apakah salah satu gejala dari abses?
    Apakah akan pecah dengan sendirinya atau bagaimana?

    Mohon petunjuknya pak.
    Terimakasih

    Suka

    1. Selamat malam mbak Atika,

      Saya asumsikan yang punya benjolan ini adalah induknya (tolong dikoreksi kalau saya salah tangkap).

      Bagaimana dengan nafsu makannya, apakah masih normal atau ada penurunan?

      Dilihat dari sejarahnya yang baru muncul satu minggu ini,Benjolan “didekat pipi” tersebut bisa karena pembengkakan kelenjar limfa karena ada infeksi di sekitarnya atau mungkin juga abses karena ada luka.

      Pada pembengkakan kelenjar limfa, benjolan terasa padat dengan rambut kucing masih nampak normal.Jika masih mau makan dengan baik dan badannya tidak demam,akan sembuh sendiri tanda pengobatan khusus, namun jika demam dan tidak mau makan – perlu dibawa ke dokter.

      Jika terasa hangat dan seperti ada cairan dibawah kulit dan rambutnya makin menipis maka kemungkinan itu abses. Jika ini abses,benjolan tersebut akan berubah menjadi makin “matang” dengan warna yang kemerahan. Karena ini sebesar bakso (asumsi saya lebih besar dari 1 cm), maka sebaiknya saran saya dibawa ke dokter untuk dioperasi kecil guna mengeluarkan nanahnya.

      Semoga membantu

      Suka

  36. Dok, saya punya anak kucing kurang lbh umur nya 2 bln an. tiba-tiba ada benjolan lumayan besar di perut bawah, teksturnya keras dan bisa bergerak. di tempat itu jga terdapat seperti merah kebiru-biruan (entah memar atau apa saya tidak tahu). nafsu makan menurun, minum sedikit, tidak bisa BAB. tidak mau bermain , jalannya terseok2 karna terlalu berat membawa perut. saya sudah beri minum air putih dan minyak zaitun. kira-kira kenapa dok? terima kasih

    Suka

    1. Hai Tamara,

      Kalau munculnya tiba tiba di dalam perut, ada kemungkinan itu benda asing yang tertelan-misalnya benang yang tertelan ketika dia bermain main atau hairball (rambut yang tertelan ketika dia grooming), sehingga menyumbat saluran pencernaan dan akibatnya sulit BAB. Sebaiknya dibawa ke dokter untuk penanganannya.

      Suka

  37. Dok, mau tanya. Anakan kucing saya yg baru berusia 2 bulan kulitnya seperti ada benjolan benjolan putih banyak. Apakah kucing saya terkena abses juga?
    Sama badan nya juga ada seperti jamur. Kering dan kalau di kelupas seperti luka. Bagaimana cara menyembuhkannya ya dok?
    Terimakasih

    Suka

    1. Hai Rizqi,

      Abses itu luka bernanah karena infeksi bakteri yang letaknya dibawah kulit,nampak seperti pembengkaan yang jika diraba terasa lunak.
      Penyakit pada kulit dan rambut biasanya memang jamur,kutu,pinjal,tungau dan semacamnya. Pengobatan paling sederhana adalah dengan memandikan kucing memakai shampo obat secara rutin namun jika sudah parah diperlukan juga obat yang harus disuntikkan atau diminumkan ke kucing, untuk itu sebaiknya dibawa ke dokter saja.

      Semoga membantu

      Suka

  38. Kucing dipipi sebelah kanan kucing saya terdapat benjolan keras, awalnya kecil tapi semakin hari semakin besar dok.

    pas saya periksa mulutnya , gigi sebelah kanannya kayak busuk gitu dok trus keluar lendir

    apakah itu berbahaya dok?
    apakah penyakitnya sama seperti artiker ini(abses) ?
    bagaimana cara mengobatinya?

    terimakasih dok πŸ™‚

    Suka

    1. Hai Amira,

      Nampaknya kucingnya Amira menderita abses karena adanya infeksi pada giginya (abses itu bukan penyakit, tapi merupakan akibat yang muncul karena adanya infeksi dibawah kulit).

      Keadaan ini sangat tidak nyaman buat kucing karena pasti mengganggu ketika si kucing mau makan dan jika berkelanjutan bisa membuat tubuh kucing menjadi lemah. Infeksinya sendiri bisa menyebabkan kucing demam dan jelas ini tidak sehat.

      Cara mengobati, pada prinsipnya nanah yang keluar harus dibersihkan dan jika absesnya cukup besar harus dilakukan pengeluaran nanah (jika perlu dengan disayat), setelah itu harus diberi antibiotika untuk mengobati infeksinya.Tentu saja saya tidak menyarankan ini dilakukan sendiri, jadi bawalah ke dokter atau klinik terdekat.

      Semoga membantu

      Suka

  39. Selamat pagi dok, kucing saya pasca operasi sesar kemudian payudaranya bengkak (kemungkinan radang kelenjar susu/abses payudara?) sekarang sudah satu minggu pasca operasi payudara yang bengkaknya mengeluarkan nanah dan ada luka berbentuk lubang dengan diameter krg lebih 0.5cm untuk pengobatannya apakah memerlukan jahitan atau hanya perawatan luka saja ya dok? Terimakasih

    Suka

    1. Selamat pagi Sufia,

      Nampaknya kucingnya Sufia mengalami peradangan pada kelenjar susu yang disebut mastitis.

      Jika mengeluarkan nanah, nanahnya dibersihkan dahulu kemudian dilakukan perawatan luka, apabila didalam kelenjar masih ada susunya – juga dikeluarkn dahulu.

      Kalau 0,5 cm dan sudah lama-biasanya tidak dijahit namun karena ada infeksi diperlukan antibiotika juga. Tidak ada salahnya dikonsultasikan dengan dokter .

      Sebagai informasi, tulisan tentang mastitis pada link dibawah mungkin bermanfaat & semoga membantu.
      http://www.kucingfelin.com/2016/12/16/mastitis-pada-kucing/

      Suka

    1. Hai Ladivasativa

      Abses itu bukanlah penyakit tapi lebih merupakan gejala adanya infeksi bernanah di bawah kulit, bisa terjadi karena adanya luka yang mendahuluinya.Misalnya karena berkelahi, jadi tidak menjalar dan menular.

      Saya belum pasti apakah yang terjadi pada kucingnya ladivasativa juga luka dan berkembang menjadi abses atau karena sebab lain
      Jadi saran saya sebaiknya di bawa ke dokter.

      Suka

  40. Hi doctor sy nak tanya sikit pasal kucing sy ini. Tiba2 sy lihat kucing sy bengkak dia pipi sebelah kanan.. sy tidak tahu nak buat ape. Sy minta tolong doctor ajarkan sy rawatan di rumah sahaja kerana sy berkerja sebagai wayerman selalu sy tidak dapat masa untuk bawa kucing sy ke klinik haiwan. Sy bharap doctor boleh menolong masalah sy ini. Terima kasih..

    Yg benar,
    David rubel.

    Suka

    1. Hai David,

      Yang paling penting kucing harus tetap bisa makan dan minum, jika perlu harus disuapi. Coba periksa giginya karenan mungkin ada peradangan, jika belum parah dibersihkan sendiri dan pipi yang bengkan dikompress dengan air hangat.

      Saya tetap sarankan dibawa ke klinik haiwan terutama jika kucing tetap tidak mau makan dan tubuhnya demam.

      Semoga membantu

      Suka

  41. Sore dok saya mau tnya.
    Kuncing saya kokk bola matanya putih semua yah? Kyk ketutupan selaput. Selama ini saya Kasih obt tetes trus. Dan di kompres pke air hangat. Tp ttp aja udah 2 minggu blm smbuh jugaa. Minta sarannya ya dok terimakasih

    Suka

    1. Selamat sore Rizky,

      Saya tidak terlalu paham apakah yang dimaksud Rizky adalah kornea mata yang memutih ataukah kelopak mata ke 3 (palpebra tertia) yang menutup mata.

      Namun demikian jika kedua bola mata tertutup itu menunjukkan problem utamanya bukan pada mata itu sendiri tapi lebih bersifat menyeluruh , misalnya pada infeksi virus herpes.

      Saran saya,mata kucing tidak perlu dikompres air hangat lagi tapi lebih baik dibawa ke dokter supaya mendapat pengobatan yang bersifat sistemik (ke seluruh tubuh)

      Semoga membantu

      Suka

  42. siang dok, saya mau tanya kucing saya sepertinya terkena gejala abses sudah 3hr, hari pertama ada bengkak di telapak kaki saya bersihin dan keluar nanah, saya kasih plester malamnya saya buka plesternya bernanah lg di atas kaki nya setelah yg bawah kering, lalu saya kembali plester malamnya saya buka plesternya, tiba2 saya liat jari2 kaki nya seperti membuka terbelah dr lengannya, kira2 tindakan apa yg harus saya lakukan ya dok dan brpa biaya yg saya perlukan

    Suka

    1. Selamat pagi Terfi,

      Cara yΓ ng sederhana, mudah dan murah namun perlu ketelatenan adalah dengan merendam dengan larutan antiseptik (misal Rivanol).

      Tuangkan Rivanol pada wadah kecil (misalnya gelas Aqua bekas yang dipotong setengahnya), kemudian rendam kaki kucing yang sakit ke dalamnya (tentu sambil dipegangi).

      Lakukan pagi dan sore masing masing selama minimal tiga menut. Tidak perlu diperban atau di plester.

      Mengenai biaya, saya tidak hapal harga antiseptik, tapi seingat saya tidak lebih mahal dari semangkuk bakso.

      Semoga membantu.

      Suka

  43. Selamat sore dok,
    dok, sepertinya kucing saya terkena abses seperti yg dijelaskan oleh dokter. awalnya cuma bengkak kecil seperti luka di area rahang sebelah kanan tapi setelah dikompres air hangat jadi makin besar bengkaknya dan hari ini keluar cairan seperti susu tapi lebih keruh warnanya, cairan tsb terus menetes dan berceceran di lantai. Tindakan yg saya lakukan hanya mengelap nanah tsb dg larutan antiseptik. Apakah perlu diperban dok agar nanahnya tidak terus menetes ? dan apakah nanah ini bisa menular ke kucing lain jika terinjak ? Terima kasih dok.

    Suka

    1. Selamat malam Faridah,

      Yang menetes itu adalah nanah, biarkan dia keluar sampai habis baru setelah itu lukanya dibersihkan dengan antiseptik.

      Jika absesnya besar (lebih dari 1 cm) sebaiknya dibawa ke dokter supaya mendapat pengobatan.

      Abses bukan penyakit (jadi tidak menular) tapi merupakan akibat dari adanya infeksi dibawah kulit.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.