Kucing Melahirkan Dengan Jeda Yang Lama

Beberapa hari terakhir ini saya banyak mendapat pertanyaan dari pemilik kucing yang khawatir kucingnya melahirkan dengan tidak normal, kebanyakan mereka khawatir karena kucingnya sudah melahirkan satu ekor anak namun perutnya masih nampak besar (diduga masih ada anak yang belum lahir) dan setelah ditunggu berjam jam masih belum juga melahirkan anak berikutnya. Biasanya mereka menanyakan apakah anak kucingnya masih bisa selamat atau sampai berapa lamakah harus ditunggu, dll. Kekhawatiran ini tentu saja sangat wajar mengingat kita tidak bisa menanyakan langsung ke kucingnya – apa yang dirasakannya.

Terhadap pertanyaan tersebut saya biasanya meminta pemilik kucing untuk melihat apakah kucingnya masih mau makan dan nampak rileks seperti biasanya?, untungnya kebanyakan dari mereka mengamati bahwa kucingnya masih nampak rileks, mau makan dan bahkan masih menyusui anaknya yang sudah lahir terlebih dahulu. Seperti biasanya saya jelaskan jika kucingnya masih mau makan dan minum serta nampak rileks maka tidak perlu terlalu dikhawatirkan.

Apa yang dialami para pemilik kucing diatas merupakan gejala yang disebut dengan interupted labour, saya kurang paham padanan bahasa Indonesia yang tepat namun lebih kurang bisa diterjemahkan sebagai melahirkan dengan jeda.

Interupted labour sering terjadi pada kucing dan masih digolongkan sebagai melahirkan secara normal, pada kondisi ini kucing melahirkan satu ekor anak atau lebih namun kemudian berhenti mengejan. Waktu berhenti mengejan ini bisa berlangsung beberapa jam namun biasanya berkisar antara 24 – 36 jam. Pada saat berhenti mengejan ini sang induk masih nampak rileks, menyusui anaknya dan makan minum seperti biasa. Satu satunya perbedaan dengan kucing biasa adalah perutnya yang masih nampak besar dan terkadang masih terlihat ada gerakan janin kucing yang masih menunggu waktu untuk dilahirkan.

Beberapa referensi menyebutkan hal yang menarik tentang interupted labour ini misalnya ada kucing yang sengaja menunda melahirkan karena tahu pemiliknya sedang pergi (mereka ingin melahirkan dengan ditunggui pemiliknya).

Tentang perilaku melahirkan sendiri barangkali perlu diketahui adanya dua tipe kucing: tipe kucing dependent dan tipe kucing independant. Pada tipe kucing dependan, si kucing cenderung ingin melahirkan di tempat yang mudah terlihat oleh pemiliknya sehingga tidak jarang kucing tipe ini melahirkan ditempat tidur pemiliknya. Adapun tipe independent cenderung melahirkan di tempat yang gelap dan tersembunyi serta tidak suka dilihat orang lain termasuk pemiliknya.

Jadi jika anda memiliki kucing yang kebetulan melahirkan satu atau dua anak namun kemudian berhenti mengejan, tidak perlu panik – mungkin kucing anda sedang mengalami interupted labour.

24 tanggapan untuk “Kucing Melahirkan Dengan Jeda Yang Lama

    1. Kucing saya baru aja mati, karna melahirkan 1 anak setelah 2 hari masih belum melahirkan anak yang lainya. Entah kenapa kucing saya ga mau makan gerak pun susah. Mau di bawa ke dokter hewan tapi didaerah saya gada dokter hewan.

      Suka

  1. terimakasih penjelasannya pak.. kebetulan kucing saya sedang mengalaminya saat ini pak.. sudah melahirkan 3 anak, yg terakhir keluar sekitar jam 19.30 tadi malam.. tadi pagi suami saya mendapati perut kucing saya masih besar dan ada gerakan yg terlihat.. jam 9 pagi kami bawa kucing ke klinik hewan dekat rumah kemudian diberi suntikan pacu agar membantu kucing kontraksi.. tapi sampai sore ini tidak ada tanda2 akan melahirkan pak.. untuk kondisi kucing sendiri sehat, mau menyusui anaknya, makannya malah lebih banyak dari biasanya..
    yg ingin saya tanyakan apakah suntik pacu tersebut akan sangat membantu proses kelahiran yg terakhir pak? karena saya takut berpengaruh pada kondisi ibu dan janin.. terimakasih sebelumnya pak

    Suka

    1. Pemberian obat suntik biasanya dilakukan untuk membantu memperkuat kontraksi rahim kucing,relatif aman untuk induk dan anaknya.Obat pacu menjadi tidak aman jika ada indikasi distokia (posisi anak tidak normal) dan jika ini terjadi maka sang induk tidak akan bisa rileks dan akan nampak depresi. Sehingga jika induknya masih nampak biasa saja, menurut saya itu masih aman. Untuk baiknya konsultasikan kembali secara langsung ke dokter yang menanganinya secar langsung.

      Suka

  2. Kucing saya melahirkan anak ke 1 dg Jedah waktu 1 jam tuk anak ke 2. Namun setelah anak ke 2 dilahirkan bahkan SDH dibersihkan oleh si induk anak ke 2 sama sekali tidak bergerak. Bahkan yg anak ke 1 pun SDH menyusu. Apa yg jd penyebab anak ke 2 bisa tidak bergerak bahkan SDH hampir 2 jam ditunggu ttp TDK ada gerakan si induk pun terus menjilati nya (sepertinya anak ke 2 mati). Apa yg jd penyebab nya ya?

    Suka

  3. Dok, kucing saya melahirkan anak pertama di jam 8 pagi tadi, berturut2 lahir anak kedua dan ketiga dengan jeda total 1.5 jam. Sampai hampir 5 jam kemudian tidak ada tanda2 mengejan lagi. Namun saya raba perutnya masih terasa ada gumpalan keras seperti janin kucing. Jika masih ada janin apakah kucingnya masih bisa melahirkan normal dan selamat?

    O ya, ini kehamilan kedua. Di kehamilan pertama, lahir prematur, 3 lahir selamat dan ada 2 janin gagal tumbuh.

    Suka

    1. selamat siang, jika benar masih ada janin- masih bisa melahirkan normal, beberapa kali saya menjumpai kelahiran dengan selang 24 jam. Akan tetapi perlu diperhatikan kondisi induknya – jika induk masih nampak rileks maka tidak perlu khawatir namun jika induk nampak depresi atau kelelahan – segera hubungi dokter terdekat.

      Suka

  4. Dok kucing saya kemarin sore melahirkan 2 anak tp yg satu mati ini yg satu hidup tp induknya gk mau menyusui trus td pagi usg ternyata masih ada janin satu di rahim…dan kta dokter klo malem ini to lahir jln satu2nya oprasi cesar …apakah ada jln kluar yg lain dok selain sesar soalnya induk msh tilem dan mau makan bnyak..cm to mau menyusui

    Suka

  5. Dok kucing saya kemarin sore melahirkan 2 anak tp yg satu mati ini yg satu hidup tp induknya gk mau menyusui trus td pagi usg ternyata masih ada janin satu di rahim…dan kta dokter klo malem ini to lahir jln satu2nya oprasi cesar …apakah ada jln kluar yg lain dok selain sesar soalnya induk msh tilem dan mau makan bnyak..cm to mau menyusui

    Suka

  6. Dokk kmrin kucibg aq mlhirkan tapi jda ank pertma sma ke 2 keluar nya jauh bngeut bda nya 2jam….terus ps mlm msih mjen” tpii smpaii skrng blum kluar…?
    Msih blum mw mkan…
    Tpi klo menyusuii dii mau
    Knpa ya dok

    Suka

    1. Kalau saya ditanya kenapa – tentu saja saya tidak tahu karena tidak melihat langsung, namun pengalaman saya bisa saja antar jarak kelahiran sampai 24 jam. Jika mengejan ngejan terlalu lama – dibawa saja ke dokter hewan terdekat (mungkin kontraksinya lemah)

      Suka

  7. Dok, kucing saya melahirkan anak ke satu & ke dua selang 30 menit. PD siang harinya. Cuma perut masih besar. Akan tetapi mau makan dan menyusui anaknya. Apakah proses melahirkan bisa 2-3 hari, karena di perut masih ada janinnya.

    Suka

  8. hallodok..
    kucing saya 3 hari yg lalu melahirkan 4 kittens, tp sampai hari ini perutny masi besar sekali spt hamil masih ad janin, makanny kuat, dan aktiv menyusui.
    kira2 kenapa ya dok? kucingny sih rileks n berprilaku seperti biasanya…
    saya mau bawa k dokter hewan tapi ga punya uang dok..

    Suka

    1. Jika masih mau makan dan rileks kemungkinan memang tidak ada masalah, kalaupun perutnya besar bisa jadi karena dia memang gemuk.

      Saran saya, hindarkan menggunakan frasa “saya tidak punya uang”, karena anda bisa akses internet itu hal yang patut disyukuri – banyak yang tidak seberuntung anda.

      Suka

  9. Halo dok. Saya mau tanya.
    Ini kucing saya melahirkan baru 1 anak, tapi usus anaknya keluar dan masih hidup. Sebaiknya gimana ya dok? Untuk biayanya juga berapa ya kira kira?
    Jam 6 pagi tadi melahirkan, tapi sampai sekarang Induknya belom melahirkan lagi. Padahal perutnya masih besar, dan kemungkinan masih ada anaknya didalam perut.
    Terima kasih dok. Mohon penjelasannya

    Suka

    1. Selamat pagi

      Saya tidak tahu apakah benar ususnya keluar ataukah itu hanya tali pusar saja jadi sebaiknya dibawa ke dokter saja, mengenai biaya saya tidak bisa menjawab karena itu sangat subjektif sifatnya.

      Kemungkinan masih ada anaknya, selama induknya nampak rileks dan mau makan minum – tidak apa apa, terkadang bisa selang 24 jam memang.

      Suka

  10. Selamat siang dok, salam sejahtera. Jadi kucing saya kemarin jam 8 pagi melahirkan 3 anak, kemungkinan dari jam 6 melahirkannya. Setelah itu dia tidak ngejan lagi sampai sore, makan minum seperti biasa, bahkan bisa naik turun tangga. Sekitar jam 5 sore induk kucing balik ke kandangnya untuk menyusui. Nah sekitar jam 7 saya baru tau kalau ternyata dia mengejan dan anaknya tersangkut, sekitar jam 8.30 saya bawa ke vet, disuntik induksi, ditarik bayinya yg sudah meninggal. Lalu setelah di usg ternyata masih ada 1 bayi lagi didalam dengan kondisi jantung lemah. Lalu disuntik induksi lagi dan penambah darah jam 9.30 lalu dibawa pulang. Tapi sampai sekarang kucing saya belum mengejan, kondisinya makan banyak, minum jg banyak, cuma agak manja pengennya ditemenin. Gimana solusinya ya dok? Saya sudah tanya2 untuk operasi caesar biayanya 1 sampai 1.5jt. apa ada alternative lain? Karna itu cukup mahal untuk saya.

    Mohon solusinya dok

    Suka

    1. Selamat sore & salam sejahtera,
      Pada prinsipnya jika kucingnya masih rileks dan mau makan serta minum, tidak perlu khawatir, kalau masih ada bayinya nanti akan keluar lagi walaupun dengan jeda yang lama. Sulit mencari alternative operasi cesar jika memang itu diperlukan, namun menurut saya ditunggu saja dengan harapan dia akan mengejan sendiri (kalau memang masih ada bayinya).

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.