Primordial Pouch

Sebanarnya saya ingin menulis judul dalam Bahasa Indonesia, namun belum juga menemukan padanan kata yang pas untuk itu. Menurut google translate terjemahan dari Primordial Pouch adalah Kantong Primordial, akan tetapi karena istilah ini juga masih terdengar asing dan belum bisa menggambarkan dengan tepat maka saya pakai saja istilah “gelambir perut” dan jika anda mengetahui padanan kata yang tepat tolong beri masukan melalui kolom komentar.

Gelambir Perut yang saya maksud ini adalah lipatan kulit longgar yang terletak pada bagian bawah perut dekat dengan pangkal kaki belakang, lebih kurang seperti gambar diatas. Gelambir perut ini biasanya bergoyang goyang jika kucing berjalan atau bergerak.

Saya membuat tulisan ini karena beberapa kali saya mendapat pertanyaan tentang kantong ini, dan kebanyakan yang bertanya karena melihat kucingnya menjadi bergelambir (muncul kantong gelambir) setelah menjalani operasi ovario histerectomy (steril kucing betina). Beberapa pemilik kucing mengkhawatirkan adanya gelambir seperti ini.

Perlu saya jelaskan disini bahwa gelambir perut ini tidak berhubungan dengan operasi steril kucing. Gelambir perut ini keberadaannya tidak berhubungan juga dengan ras kucing, walaupun biasanya nampak pada kucing kampung namun sebenarnya bisa juga nampak pada kucing ras dan bahkan bisa nampak atau muncul pada keluarga kucing yang lain seperti harimau dan singa.

Fungsi dari gelambir perut belum diketahui dengan pasti namun diduga berhubungan dengan pertahanan ketika berkelahi (kucing suka menendang dengan kaki belakang ketika berkelahi). Jadi ketika kucing berkelahi dan saling cakar atau tendang gelambir perut ini bisa menjadi pelindung.

Fungsi lain untuk fleksibilitas ketika berlari atau melompat, seperti diketahui kucing merupakan karnivora sejati yang tugasnya berburu. Ketika kucing berlari dengan cepat kulit yang longgar pada bagian perut ini akan memberikan fleksibilitas bergerak dan melompat. Juga ada dugaan gelambir perut ini akan membuat perut kucing menjadi lebih fleksibel sehingga dapat menampung makanan lebih banyak.

Gelambir perut juga bukan tanda tanda kegemukan (obesitas), pada obesitas bentuk perut kucing akan nampak membulat jika dilihat dari atas maupun dari samping sedangkan gelambir perut hanya nampak menggantung ke bawah jika dilihat dari samping.

Walaupun fungsinya belum diketahui dengan jelas atau belum ada teori yang menjelaskan dengan memuaskan fungsi gelambir perut,namun sejauh ini juga belum ada teori atau pengalaman yang menjelaskan efek negatifnya. Jadi jika anda mempunyai kucing dengan gelambir perut tidak perlu merasa khawatir dan tidak perlu tindakan apa apa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.